Lomba Satkamling, Upaya Menghidupkan Kembali Kepedulian Masyarakat Terhadap Kamtibmas

Penilaian : Enn/Berita Sampit - Penilaian Lomba Satkamling di Pos Kamling RT05 Desa Natai Sedawak Kecamatan Sukamara.

SUKAMARA – Untuk menghidupkan kembali pos kamling agar tercipta Kamtibmas kondusif dilakukan berbagai upaya agar dapat menggerakkan masyarakat, salah satunya Lomba Satkamling yang digelar oleh pihak Kepolisian Republik Indonesia.

Ketua Tim Penilaian dari Polda Kalteng untuk Rayon Kotim Lamandau Sukamara Kabag Bin Op, AKBP Sugino mengatakan bahwa Lomba Satkamling merupakan upaya untuk menghidupkan kembali pos kamling yang ada di wilayah Indonesia, sehingga Mabes Polri menggelar lomba tersebut.

Sugino datang beserta rombongan untuk melakukan penilaian terhadap beberapa pos kamling yang ada di Desa Natai Sedawak, Kelurahan Mendawai dan Kelurahan Padang.

“Lomba ini merupakan upaya kami untuk merevitalisasi pos kamling mulai dari RT, RW untuk bisa dihidupkan kembali, karena selama ini banyak pos kamling yang tertidur atau tidak difungsikan lagi,” kata Sugino pada Jumat 9 Juni 2023.

Menurutnya, untuk merangsang masyarakat agar mau kembali menghidupkan pos kamling maka Lomba Satkamling digelar yang diharapkan dapat memotivasi warga untuk bisa peduli pada lingkungan tempat tinggalnya.

“Tujuannya kami memberikan semangat, apresiasi, motivasi kepada masyarakat yang aktif untuk mengamankan lingkungannya sendiri,” ujarnya.

“Kami berharap dengan lomba Satkamling ini dapat memelihara keamanan ketertiban masyarakat dilingkungan yang tumbuh dari kesadaran masyarakat, jadi membantuk keamanan dari kesadaran masyarakat itu sendiri,” tukas Sugino. (enn)