Polda Kalteng Gelar Acara Tradisi Pengambilan Air Suci

IST/BERITA SAMPIT - Suasana acara tradisi pengambilan air suci di sumber mata air pada situs sejarah pertapaan Pahlawan Nasional Tjilik Riwut yang berada di Kecamatan Bukit Batu.

PALANGKA RAYA – Dalam rangka menjelang peringatan hari ulang tahun Bhayangkara ke-77, Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar acara tradisi pengambilan air suci, Jumat 9 Juni 2023. Prosesi tersebut, dilakukan di sumber mata air pada situs sejarah pertapaan Pahlawan Nasional Tjilik Riwut yang berada di Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalteng.

Terkait hal itu, Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto melalui Kabidhumas Polda Kalteng AKBP Erlan Munaji menjelaskan, bahwa pengambilan air ini akan dipergunakan untuk menyiram panji-panji Polri pada peringatan HUT ke-77 Bhayangkara.

BACA JUGA:   Shrimp Estate Sumber Kekuatan Ekonomi di Pesisir Kalteng

“Air suci yang diambil ini, nantinya akan dikirim ke Mabes Polri untuk dijadikan satu dengan 34 Polda jajaran se-Indonesia,” ucapnya, Sabtu 10 Juni 2023.

Ia menjelaskan, dipilihnya lokasi sumber air ini karena memiliki nilai historis yang kuat bagi masyarakat khususnya masyarakat Dayak Kalimantan Tengah.

“Pengambilan air ini sendiri, tidaklah sembarangan. Jadi setelah air diambil dan dimasukkan ke dalam kendi, selanjutnya air tersebut dikawal oleh satu regu personel Yanma Polda Kalteng yang dipimpin Kompol Harman Subarkah dengan membawa bendera merah putih,” lugasnya.

BACA JUGA:   Nuryakin Berharap Pasar Murah akan Meningkatkan Daya Beli Masyarakat

Ia juga menjelaskan, makna dari kegiatan ini adalah menanamkan rasa kebanggaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kebanggaan terhadap kesatuan yaitu Polri.

“Oleh sebab itu, untuk bisa mendapatkan air suci tersebut dibutuhkan perjuangan dan pengorbanan, sebagai wujud penghargaan dan penghormatan terhadap kearifan lokal tempat kami bertugas,” pungkasnya. (Hardi).