BPN Barsel Segera Terbitkan 5.383 SHT

IST/BERITA SAMPIT: Plt. Kepala ATR/BPN Kabupaten Barsel, Anton Deny Aryana.

BUNTOK – Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) di tahun 2022 akan segera menerbitkan 5.383 Sertifikat Hak Atas Tanah (SHT) yang termasuk dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di tahun 2021 lalu.

Plt. Kepala ATR/BPN Kabupaten Barsel Anton Deny Aryana Jumat 11 Februari 2022 mengatakan, untuk penerbitan SHT tersebut meliputi 27 Desa dan 1 Kelurahan di tiga Kecamatan wilayah Kabupaten Barsel.

“Yakni Kecamatan Dusun Selatan (Dusel) 2 Desa dan 1 Kelurahan yakni Kelurahan Jelapat, Kecamatan Dusun Utara (Dusut) 5 Desa dan Kecamatan Gunung Bintang Awai (GBA) 20 Desa,”Katanya.

BACA JUGA:   KPU Barsel Persiapkan Tahapan-Tahapan Pilkada 2024

Menurutnya, untuk Kecamatan Dusel SHT yang pihaknya terbitkan yakni sebanyak 1.133 bidang sedangkan untuk Kecamatan Dusut SHT yang diterbitkan sebanyak 4.250 bidang dan penerbitan SHT ini melanjutkan program PTSL di tahun 2021 yang telah lalu.

“Sementara di tahun 2022 ini, kita akan menjalankan program legalisasi akhir yakni redistribusi tanah yang berada di areal pelepasan kawasan hutan (TORA) dengan target 2000 bidang di empat kecamatan dari 15 desa yang ada di Kabupaten Barsel,”Jelasnya.

BACA JUGA:   Tugboat Terbakar di DAS Barito, Dua ABK Luka Bakar

Lebih lanjut ditambahkannya, bagi masyarakat Kabupaten Barsel yang ingin meredistribusikan tanahnya maka bisa langsung datang ke Kantor ATR/BPN Buntok dan sebelum akan meredistribusikan tanahnya.

“Alangkah baiknya, terlebih dahulu menyampaikan ke pihak Pemerintah Desa (Pemdes) dan Petugas sehingga mereka akan segera mengumpulkan data-datanya,”Tukas Anton Deny Aryana.

(Ded/beritasampit.co.id)