Wabup Buka Ujian Tertulis Bacalon Kades

LULUS/BERITA SAMPIT - Wakil Bupati Murung Raya, Rejikinoor foto bersama dengan beberapa kepala OPD dan Calon Kades.

PURUK CAHU – Wakil Bupati Murung Raya, Rejikinoor membuka secara resmi tes ujian tertulis calon Kepala Desa (Kades) dalam rangka Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Murung Raya, yang akan diselenggarakan pada tanggal 9 Juni 2023 mendatang.

Ujian tertulis itu diikuti sebanyak 33 orang dilaksanakan bagi desa yang memiliki bakal calon kepala desa yang jumlah pendaftarnya lebih dari lima orang.

Rejikinoor berharap kepada peserta dapat melaksanakan ujian dengan tertib dan menjaga agar proses seleksi dapat berjalan dengan baik, serta kepada para panitia memastikan bahwa seleksi dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

BACA JUGA:   Wakil Presiden Republik Indonesia Serahkan Penghargaan Kepada PT Indo Muro Kencana

“Sementara itu juga kepada masing-masing Panitia Pilkades agar dalam melaksanakan tugasnya dapat bertanggung jawab kepada BPD, serta harus selalu berkoordinasi dan berkonsultasi dengan camat dan Forkopicam sejak tahapan perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan pelantikan nanti,” jelas Rejikinoor, Kamis 6 April 2023.

Ketua Panitia Serampang mengatakan, ujian tertulis bagi desa yang pendaftar calon kades lebih dari lima orang sudah tertuang dalam peraturan bupati (Perbup) Murung Raya nomor 10 tahun 2016 tentang teknis pencalonan, pemilihan, pengangkatan, pelantikan dan pemberhentian kepala desa.

BACA JUGA:   PT IMK Gelar Pelatihan Bisnis Kreatif dan Strategi Branding untuk BUMDES, Koperasi Masyarakat 13 Desa Lingkar Tambang

“Dari 35 desa yang menyelenggarakan Pilkades pada Juni nanti, lima desa memiliki pendaftar diatas lima orang, seperti Desa Muara Jaan memiliki pendaftar enam orang, Desa Tumbang Bana delapan orang, Desa Tumbang Masalo enam orang, Desa Konut tujuh orang dan Desa Tumbang Naan enam orang,” pungkasnya. (Lulus)