Dewan Dorong Investasi dan Peningkatan Infrastruktur di Katingan

PARIPURNA : Endang Susilawatie saat menyampaikan pandangan umum Fraksi Amanat Indonesia Raya.

KASONGAN – Masyarakat diharapkan bisa turut menjaga iklim investasi di daerah khususnya di Kabupaten Katingan. Hal itu tidak lain untuk meningkatkan perekonomian warga disekitar wilayah investasi itu dilaksanakan.

Anggota DPRD Kabupaten Katingan Endang Susilawatie mengatakan dengan banyaknya para investor yang berinvestasi di Katingan tentu saja banyak keuntungan yang didapatkan oleh daerah, terutama bagi masyarakat sekitar.

Meski demikian, Pemerintah Kabupaten Katingan diminta untuk tidak lengah dengan lajunya investasi di daerah ini, apabila investasi tidak diimbangi dengan Infrastruktur baik, karena akan berdampak terhadap masyarakat.

“Selain itu dengan adanya investasi, daerah juga akan mendapatkan pendapatkan pemasukan yang digunakan untuk membangun infrastruktur,” ungkapnya. Jumat 14 April 2023.

BACA JUGA:   KPU Tetapkan 25 Caleg Terpilih di Katingan, Ini Nama dan Hasil Suaranya!

Contohnya saja untuk sektor tenaga kerja, menurutnya, apabila nantinya dunia investasi semakin mambaik tentu saja para generasi muda yang masuk dalam angkatan kerja akan terserap dan akan mengurangi angka pengangguran.

“Dan akan banyak lagi manfaat yang akan didapat. Untuk itu mari kita jaga iklim dunia usaha didaerah kita dan jangan sampai nanti ada saling lapor melapor ke aparat berwajib hanya karena masalah tuntutan ganti rugi lahan ataupun masalah lowongan pekerjaan,”  jelasnya.

Dikatakan, investasi merupakan instrumen penting bagi keluar masuknya arus modal dari dalam maupun luar negeri yang akan ditanamkan pada sektor-sektor yang berpotensi menghasilkan keuntungan ekonomis.

BACA JUGA:   Dewan Dorong Pembangunan Infrastruktur Jalan di Wilayah Selatan Katingan

“Peran ganda investasi adalah selain untuk menggerakkan perekonomian juga membantu penyebaran tenaga kerja,” tambahnya.

Menurutnya, peran Bapelitbangda diperlukan dalam merefleksikan keinginan masyarakat supaya dapat sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten yang sudah di tetapkan.

Dia juga mengatakan bahwa hal itu tentunya merupakan tugas bersama, agar infrastruktur bisa bergerak cepat dan berbanding dengan tumbuhnya investasi dan ekonomi di Kabupaten Katingan.

“Mari kita bersama-sama bergerak cepat dengan membangun Infrastruktur yang baik, maka nantinya pertumbuhan investasi dan perekonomian di Katingan dapat lebih maju lagi,” tutupnya.

(Kawit)