Polsek Aruta Gelar Apel Personil dan Sarpras untuk Persiapan Menghadapi Bencana

Ist/BERITA SAMPIT : Giat Apel Personil dan Sarpras, yang digelar Polsek Aruta bersama anggota Koramil Aruta, tim damkar PT SINP-PT KTH dan  anggota Linmas Kecamatan Aruta.

PANGKALAN BUN – Salah satu pepatah/pribahasa lama mengatakan Sedia Payung Sebelum Hujan. Makna pepatah tersebut artinya kita harus mempersiapkan terlebih dahulu. sebelum suatu hal terjadi, misal menghadapi berbagai bencana, khususnya bencana alam.

Pepatah tersebut, sangat identik dengan dengan kegiatan yang dilakukan Polsek Arut Utara (Aruta) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), yakni dalam rangka menghadapi bencana, Senin 7 Agustus 2023 telah menggelar kegiatan apel personil dan Sarpras di halaman Mapolsek Aruta Kelurahan Pangkut. Apel langsung dipimpin Kapolsek Aruta Ipda Edi Hariyanto.

Anggota Pasukan Apel Personil terdiri dari, seluruh personil Polsek Aruta, Anggota Koramil Aruta, Anggota Damkar Aruta, Damkar PT SINP (Astra Group), Damkar PT Korintiga Hutani (KTH) dan juga Anggota Linmas Kecamatan Aruta.

BACA JUGA:   Siap Amankan Libur Idul Fitri, Polres Kobar Lakukan Apel Gelar Pasukan

“Kegiatan apel personil dan sarpras, tujuan utamanya dalam rangka menghadapi bencana alam, seperti bencana kebakaran hutan dan lahan, juga bencana banjir,“ kata Ipda Edi Hariyanto, saat dikonfirmasi melalui telephon genggamnya, Senin 7 Agustus 2023.

Lanjut Ipda Edi Hariyanto, dalam giat apel pasukan juga sekaligus  mengecek kesiapan personil dan memberi arahan. Arahannya sesuai petunjuk dan perintah dari pimpinan (Kapolres Kobar).

“Kemudian ditindak lanjuti dengan memeriksa perseorangan kelengkapan sarpras, dan fisik/kesehatan  agar mereka para personial saat datang bencana sudah siap melaksanakan tugas lengkap dengan sarprasnya. Juga latihan memadamkan karhutla  dengan  Tim Damkar dari PT SINP dan PT KTH,“ ujar Edi Haryanto.

BACA JUGA:   Sekda Kobar Rody Iskandar: ASN Purna Tugas Agar Terus Berkarya Dimanapun Berada

Selain telah menggelar apel pasukan, juga sebelumnnya personil Polsek telah melakukan kegiatan kegiatan sosial kepada warga yang terkena musibah banjir yakni memberi bansos.

“Hari ini dan kedepan masih banyak kegiatan yang kita hadapi, untuk itu kita harus siap dan menjaga kesehatan agar kita dapat melaksanakan tugas dengan maksimal dan sukses. Tentunya  kegiatan Polsek Aruta kedepannya, mohon dukungan semua pihak khususnya dari masyarakat , agar wilayah Kecamatan Aruta tetap kondusif tertib dan aman,” pungkas Ipda Edi Haryano. (Man)