Pemkab Gunung Mas Perluas BPJS Kesehatan untuk Masyarakat melalui Program UHC

IST/BERITA SAMPIT - Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas Richard.

KUALA KURUN – Masyarakat kurang mampu di Kabupaten Gunung Mas kini tidak perlu khawatir lagi akan biaya pengobatan yang mahal. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas telah memperluas program BPJS Kesehatan bagi masyarakat yang kurang mampu melalui Program Universal Health Coverage (UHC).

“Perluasan program BPJS Kesehatan bagi masyarakat kurang mampu merupakan komitmen dari pemerintah dalam memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Gunung Mas,” ungkap Sekretaris Daerah Gunung Mas Richard belum lama ini.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas juga mendukung program BPJS Ketenagakerjaan bagi perangkat desa. Dimana program BPJS Ketenagakerjaan bagi perangkat desa dan penganggaran iuran BPJS Ketenagakerjaan untuk pekerja rentan pemerintah daerah menjadi dukungan yang sangat membanggakan.

“Pemerintah daerah menganggarkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi kepala desa, perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), RT, Damang, dan Mantir di seluruh Kabupaten Gunung Mas. Hal ini menunjukkan perhatian pemerintah daerah terhadap kesehatan masyarakat yang sangat tinggi,”tuturnya.

BACA JUGA:   DRPD Minta OPD Terlibat Aktif dalam Mencapai Target PAD

Dengan adanya perluasan program BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan di Kabupaten Gunung Mas, masyarakat kurang mampu dan pekerja rentan dapat lebih memanusiakan diri mereka dengan menjaga kesehatan dan mengakses layanan kesehatan yang lebih baik.

“Program-program ini, kami harapkan dapat meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas masyarakat, sehingga tercipta Kabupaten Gunung Mas yang lebih sehat dan sejahtera,” sebutnya.

Sebelumnya, fraksi Golongan Karya (Golkar) di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas, meminta pemerintah daerah untuk meningkatkan kepesertaan masyarakat yang tidak mampu menjadi anggota BPJS Kesehatan.

“BPJS Kesehatan adalah program asuransi kesehatan nasional yang dirancang untuk memberikan perlindungan kesehatan yang terjangkau bagi masyarakat. Namun, masih banyak masyarakat yang tidak mampu membayar iuran bulanan untuk menjadi anggota. Oleh karena itu, kami dari Fraksi Golkar meyakini bahwa ini sangatlah penting untuk memperluas akses kesehatan bagi masyarakat yang kurang mampu,” ungkap Juru bicara Fraksi Partai Golkar Punding S Merang, Selasa 14 November 2023.

BACA JUGA:   Program Mudik Gratis Polres Gunung Mas Dibuka, Hari Pertama 27 Orang Diberangkatkan

Selain mendukung program kesehatan, Fraksi Partai Golkar juga turut memperjuangkan program BPJS Ketenagakerjaan bagi perangkat desa. Program ini membuka dan memperkuat jaringan perlindungan sosial bagi seluruh masyarakat, termasuk bagi perangkat desa sebagai agen pembangunan. Kepastian akan perlindungan sosial menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Program ini diharapkan dapat membantu untuk meningkatkan kesejahteraan perangkat desa yang ada di wilayah Kabupaten Gunung Mas yang saat ini masih tergolong kurang,” tuturnya.

(Ale)