Peran Masyarakat Sangat Diperlukan Cegah Karhutla

LULUS/BERITA SAMPIT- Wakil Ketua Komisi I DPRD Murung Raya, Rumiadi, SE,SH.,MH.

PURUK CAHU – Wakil Ketua Komisi I DPRD Murung Raya, Rumiadi mengajak masyarakat meningkatkan kewaspadaan untuk mencegah kebakaran yang dinilai rawan terjadi saat ini.

“Seperti disampaikan BMKG, Agustus ini puncak kemarau sehingga rawan kebakaran, makanya kami mengimbau masyarakat juga meningkatkan kewaspadaan. Tidaknya terhadap kebakaran hutan dan lahan, tetapi juga kebakaran di permukiman,” kata politisi senior itu, Jumat 26 Agustus 2022.

Menurut politikus dari PDI Perjuangan itu, bahwa kewaspadaan terhadap kebakaran, khususnya kebakaran hutan dan lahan atau karhutla sangat diperlukan. Tujuannya agar ancaman musibah tahunan saat kemarau itu bisa dicegah.

BACA JUGA:   Ketua Komisi II DPRD Apresiasi Disdikbud Bangun Beberapa Sekolah Baru

Untuk itulah, langkah yang lebih efektif adalah mencegah terjadinya kebakaran. Peran masyarakat sangat diperlukan untuk mencegah karhutla, salah satunya dengan tidak membakar lahan.

“Membakar lahan saat kemarau sangat rawan memicu terjadinya kebakaran lahan yang tidak terkendali. Hal itu bisa menyebabkan munculnya kabut asap,” jelasnya.

Ia menerangkan, kabut asap sangat dihindari karena bisa menimbulkan dampak luas bagi masyarakat. Selain mengganggu kesehatan masyarakat, kabut asap juga bisa mengganggu dunia pendidikan, transportasi dan perekonomian secara umum.

BACA JUGA:   Empat Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Mura Mendaftar Ke DPC PDI-P

“Oleh karena itu, saya mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban agar daerah selalu dalam kondisi kondusif. Masyarakat diharapkan berperan aktif dalam menciptakan suasana yang kondusif tersebut,” pungkasnya. (lulus)