Legislator Ini Bagi Tips Hidup Sehat dan Bahagia

IST/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kabupaten Katingan Endang Susilawatie

KASONGAN – Anggota DPRD Kabupaten Katingan Endang Susilawatie mengatakan bahwa Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sangat penting dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

“Hal itu diwujudkan dengan melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari,” kata politisi Partai Gerindra itu, Senin 20 Februari 2023.

Selain itu, mengkonsumsi buah dan sayur sesuai pedoman gizi seimbang, memeriksakan kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit, tidak merokok dan memberikan ASI eksklusif pada bayi berusia 0-6 bulan.

BACA JUGA:   Dewan Minta Pemkab Katingan Selesaikan Pembangunan GOR

Ketua Komite Olahrga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Katingan ini juga mengatakan salah satu wujud komitmen nyata pembangunan peduli kesehatan, diantaranya adalah penyiapan desa dengan program stop buang air besar sembarangan (BABS) nol.

Dia menambahkan KORMI merupakan organisasi yang menaungi berbagai olahraga rekreasi seperti klub senam, jemparingan, klub layang-layang hias dan olahraga tradisional.

“KORMI merupakan olahraga yang berbasis masyarakat yakni olahraga rekreasi, bukan olahraga prestasi. Ini harus kita pupuk terus dan kita kembangkan sehingga membentuk masyarakat yang berolahraga, menyehatkan dan membahagiakan masyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA:   Dewan Minta Dinas Terkait Perhatikan PJU di Jalan Tjilik Riwut dan Ahmad Yani Kasongan

Kegiatan KORMI memiliki peran penting sebagai upaya meningkatkan kekayaan budaya daerah dan nasional. Endang menegaskan indeks pembangunan masyarakat, kesehatan, kebugaran jasmani dan angka harapan hidup dapat meningkat melalui kegiatan olahraga rekreasi masyarakat.

“Untuk itu saya menghimbau kepada semua masyarakat di Kabupaten Katingan agar membawa balita umur 6 bulan sampai dengan umur 5 tahun ke posyandu, polindes, poskesdes maupun puskesmas untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan balita sehingga dapat terhindar dari stunting,” pungkasnya.

(Kawit)