Dewan Minta Dinas Terkait Perhatikan PJU di Jalan Tjilik Riwut dan Ahmad Yani Kasongan

BITRO/BERITASAMPIT - Wakil Ketua I DPRD Katingan Nanang Suriansyah.

KASONGAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Katingan meminta kepada dinas terkait agar memperhatikan terkait minimnya Penerangan Jalan Umum (PJU) disejumlah wilayah di Kasongan.

Hal itu disampaikan, Wakil Ketua I DPRD Katingan Nanang Suriansyah, dia meminta dinas terkait untuk memperhatikan penerangan jalan khususnya di Jalan Tjilik Riwut dan Jalan Ahmad Yani komplek Perkantoran Pamerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan.

“Bisa menimbulkan kecelakaan lalulintas entah itu truk dengan muatan yang terguling ataupun menabrak median yang menjadi pembatas jalan. Bahkan, selama ini, pada jalur tersebut sangat minim penerangan,” ungkap Nanang Suriansyah, Sabtu 30 Maret 2024.

BACA JUGA:   Korban Tenggelam di Sungai Katingan Belum Ditemukan, Pencarian Dihentikan Sementara

Selain itu kata Nanang di kawasan tersebut sangat gelap dan kurangnya penerangan jalan umum. Akibatnya, tidak jarang para pengendara kehilangan kendali dan menabrak median yang dibangun.

“Meskipun pembatasnya sudah ada tetapi penerangannya sangat minim tentu akan mengakibatkan lakalantas di jalan, sedangkan tiang penerangannya ada beberapa saja,” katanya.

Lebih lanjut ia juga menambahkan, ada beberapa lampu juga yang bermasalah akan berdampak buruk bagi yang melintas. Maka, seharusnya pihak dinas selaku perangkat daerah dapat memasang instalansi lampu yang memadai.

BACA JUGA:   Upaya Pengawasan dan Edukasi, Pj Bupati Katingan Kunjungi Rumah Keluarga Terindikasi Stunting

“Penerangan jalan ini sangat diperlukan dan memudahkan masyarakat ketika melintasi di area wilayah Kabupaten Katingan, apalagi jalan ini sangat krusial dan jalur cepat yang menghubungkan antara Provinsi Kalsel, Kalteng, dan Kalbar, apalagi menjelang arus mudik lebaran ini banyak kendaraan yang melintas,”pungkasnya.

(Bitro)