Kalteng Optimalkan Pengembangan Berbagai Sektor Potensial

HARDI/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kalteng Muhajirin

PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Kalteng Muhajirin berharap Provinsi Kalteng yang merupakan salah satu provinsi berada di pulau Kalimantan mampu menjadi penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kaltim ke depan.

“Kalteng berdekatan langsung dengan Kaltim di mana IKN berdiri. Kita harap provinsi ini mampu menjadi daerah penyangga, sebab kita memiliki potensi SDA yang melimpah yang bisa dioptimalkan pengembangannya,” katanya melalui rilis yang diterima pada Minggu 16 April 2023.

Ia juga menambahkan sedari sekarang pemerintah di Kalteng ini baik provinsi, kabupaten dan kota harus dapat memaksimalkan serta mengoptimalkan pengembangan berbagai sektor potensial seperti halnya pertanian, perikanan, maupun peternakan.

BACA JUGA:   Momentum Hardiknas, Dewan Harap Kualitas Pendidikan di Kalteng Ditingkatkan 

“Saat ini di sektor pertanian Kalteng ada food estate di Kapuas dan Pulang Pisau dan itu juga merupakan program pemerintah pusat, keberadaannya sangat strategis, harapannya dukungan pada sektor pertanian ini juga bisa dikembangkan di setiap daerah yang memiliki potensi,” jelasnya.

Pengembangan sektor pertanian di Kalteng, tambahnya jangan hanya mengandalkan pada satu atau dua daerah saja tapi juga di daerah-daerah yang memiliki potensi misalnya di wilayah DAS Barito. Terlebih di sana juga berbatasan langsung dengan Kaltim tempat IKN berdiri.

Disisi lain, sektor perikanan dan peternakan juga harus bisa dimaksimalkan, sebab seperti halnya perikanan wilayah Kalteng ini dikelilingi daerah perairan dan sangat menjanjikan untuk mengembangkan sektor perikanan, dan tentunya juga agar optimal usaha masyarakat pada sektor itu perlu didukung.

BACA JUGA:   Ketua DPRD Kalteng Hadiri Sidang Terbuka Senat UPR: Wisudawan Harus Mampu Berkontribusi di Tengah Masyarakat

“Begitu juga dengan sektor peternakan, Kalteng masih minim pengembangan yang berskala besar. Ini perlu dioptimalkan saya rasa sejumlah daerah memiliki potensi dan lahan yang memadai. Kita tentu dangat mendukung apa yabg dilakukan pemda memaksimalkan berbagai sektor di Kalteng ini, sebab yang kita inginkan Kalteng benar-benar mampu menjadi penyangga IKN ke depan,” pungkasnya. (Hardi)