Menjaga Stabilitas Harga dan Stok Sembako, Pj Bupati Monitoring Pasar

ANDRE/BERITA SAMPIT - Pj Bupati Lamndau Lilis Suriani saat melakukan Monitoring Kepasar Induk Nanga Bulik, didampingi Kapolres Lamandau, AKBP Bronto Budiyono.

NANGA BULIK – Guna menjaga stabilitas pasar dan stok sembako, Penjabat Bupati Lamandau Lilis Suriani bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan tim gabungan dari sejumlah instasi melakukan monitoring untuk memantau harga dan ketersediaan stok sembilan bahan pokok (sembako).

Pihaknya terus memantau stabilitas harga dan ketersediaan stok sembako di pasaran. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan harga dan habisnya stok sembako di pasaran.

“Perkembangan harga, termasuk ketersediaan sembako akan terus kami monitor secara intens,” ujar Lilis, Minggu 22 Oktober 2023.

BACA JUGA:   Hadiri Halal Bi Halal TP-PKK, Pj Bupati Lamandau: Perkuat Sinergitas dan Keharmonisan

Jikapun kondisi riil di lapangan ditemukan terjadi kenaikan harga sembako yang signifikan, kata Lilis, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah melalui organisasi perangkat daerah (OPD) teknis untuk mengambil sikap.

“Kita akan bicarakan untuk mencari solusinya seperti apa, sejauh ini harga relatif stabil,” bebernya.

Berdasarkan pantauan yang dilakukan, imbuh dia, hingga saat ini kondisi di lapangan masih kondusif dan harga sembako di pasaran juga terpantau masih dalam kondisi stabil, meski ada kenaikan beberapa bahan pahan, namun masih wajar.

BACA JUGA:   Anggota Babinsa Koramil 1017-01/Bulik Terima Bingkisan Lebaran dari Kasad

Sementara, ketersedian bahan pangan juga dinilai masih aman. Dari perhitungan yang dilakukan tim, stok sembako di Kabupaten Lamandau masih mencukupi bagi kebutuhan masyarakat setempat.

“Sejauh ini belum ada terjadi keterbatasan stok sembako dan harganya juga masih stabil,” pungkasnya.

(Andre)