Sebanyak 1,8 Juta Kunjungan Wisatawan ke Kalteng pada Tahun 2023

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Adiah Chandra Sari saat menghadiri Launching Karisma Event Nusantara (KEN) 2024

PALANGKA RAYA – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Adiah Chandra Sari menghadiri Launching Karisma Event Nusantara (KEN) 2024, yang dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Sasono Langen Budoyo Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Sabtu 27 Januari 2024 kemaren.

Adiah Chandra Sari menyampaikan, keberhasilan Kalimantan Tengah melampaui target kunjungan wisatawan pada tahun 2023, yaitu sebanyak 1,8 juta kunjungan.

“Dengan ditetapkannya KEN 2024, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berharap di tahun 2024 ini jumlah kunjungan wisatawan ke Kalimantan Tengah dapat lebih meningkat lagi,” ucapnya, Senin 29 Januari 2024.

BACA JUGA:   Inspektorat Daerah Kalimantan Tengah Lakukan Pengawasan Penyelenggaraan Pemkot Palangka Raya

Ia juga menjelaskan, diluar dari event yang ditetapkan sebagai KEN (Festival Budaya Isen Mulang dan Festival Babukung), event-event lainnya di Kalimantan Tengah juga menjadi perhatian dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Adiah juga menambahkan bahwa Gubernur Kalimantan Tengah mendukung penuh kegiatan-kegiatan dalam rangka pengembangan pariwisata termasuk penyelenggaraan event-event.

“Kerja sama, sinergi, dan kolaborasi dari seluruh stakeholder menjadi kunci utama keberhasilan untuk mencapai goal yang diinginkan,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Peringati Hardiknas 2024, Pemprov Kalteng Bagikan Beras Gratis untuk Mahasiswa

Diketahui, Kemenparekraf telah menetapkan 110 event yang meliputi event budaya, musik, karnaval, dan kuliner. Festival Budaya Isen Mulang dan Festival Babukung kembali masuk di dalam penetapan KEN 2024.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menargetkan peningkatan pergerakan ekonomi sebanyak 20 sampai dengan 25 persen dari tahun lalu, dengan harapan juga ikut menopang 1,2 miliar sampai dengan 1,5 miliar pergerakan wisatawan nusantara di tahun 2024. (Hardi)