Bupati Katingan Bertindak Sebagai Inspektur Upacara pada HUT ke-78 RI

BITRO/BERITASAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas saat memimpin upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Katingan, Kamis 17 Agustus 2023.

KASONGAN – Pelaksanan upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) berlangsung di Halaman Kantor Bupati Katingan, Kamis 17 Agustus 2023.

Bupati Katingan Sakariyas bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara Bendera peringatan HUT ke-78 RI. Dalam kesempatan itu, dia mengingatkan tantangan krusial ke depan dan harus dituntaskan.

Momen krusial yang disampaikan itu diantaranya, melewati masa Pandemi Covid-19 dengan kembali tumbuhnya perekonomian, menghadapi Pemilu 2024 dan mengatasi kasus karhutla yang saat ini kian meningkat.

BACA JUGA:   Masyarakat Keluhkan Kehabisan Pertalite di SPBU Buntut Bali, Dugaan Warga BBM Subsidi Diselewengkan

“Bangsa Indonesia telah berhasil keluar dari ujian berat pandemi. Stabilitas perekonomian pun mulai terjaga baik walaupun di tengah ketidakpastian situasi global yang ada pada saat ini,” kata Bupati Katingan Sakariyas.

Selain itu, Sakariyas juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersatu padu mencegah dan mengatasi karhutla yang saat ini marak terjadi. Apalagi berdasarkan ramalan BMKG, musim kemarau tahun ini lebih panjang dan kering akibat fenomena El Nino, dan puncaknya akan terjadi pada bulan Agustus hingga September.

BACA JUGA:   Pj Bupati Katingan Alokasikan Anggaran Rp3,6 Miliar untuk 200 Orang Lulusan SLTA

“Semoga peringatan kemerdekaan ini menjadi momentum bagi kita untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi,” katanya.

Menurutnya, semua pihak termasuk masyarakat harus bersatu padu dalam penanggulangan karhutla. Sinergi satgas karhutla harus diperkuat dibarengi personel, sarana prasarana dan sumber daya yang memadai.

“Saya juga mengajak masyarakat katingan untuk partisipasi aktif dan menyukseskan pesta demokrasi tahun 2024. Diharapkan agar berlangsung dengan bersih, lancar, aman, damai, dan kondusif,” pungkasnya.

(Bitro)