Guna Suksesnya Pilkada, KPU Katingan Harapkan Peran Aktif Masyarakat

    KASONGAN – Guna mensukseskan pemilihan kepala daera (Pilkada), Bupati dan Wakil Bupati Katingan pada 2018 mendatang. KPU Katingan berharap peran aktif dari  seluruh alemen masyarakat di wilayah itu. Termasuk organisasi kepramukaan.

    “Peran masyarakat tidak hanya untuk datang ke TPS, tetapi juga berpartisipasi dalam setiap tahapan pemilihan, agar proses demokrasi lebih berkualitas,” ucap Ketua KPU Katingan, Sapta Tjita disela-sela kunjungan kerjanya ke Kwarcab Pramuka Katingan, Selasa(19/9/17).

    Tentu kita semua menginginkan agar pelaksanaan Pilkada 2018 mendarang bisa berlangsung sukses. Baik mulai tahapan hingga sampai dengan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati yang terpilih pada saatnya nanti,” timpalnya.

    Dirinya mengakui, dalam pelaksaksanaan Pilkada terdapat berbagai persoalan, mulaulu masalah SDM penyelenggara. Perekrutan PPK, PPS dan KPPS yang terkesan itu-itu saja. Dan lebih prihatin lagi diakibatkan minimnya minat, tingkat integritas dan tanggung jawab warga yang mendaftar.

    “Ada oknum yang integritasnya lemah dan berpotensi tidak independen. Sehingga bekerja tidak sesuai ketentuan. Contohnya,  oknum petugas PPDP yang sengaja melewatkan hak pilih warga atau membuat data hak pilih ganda dan lainnya,” beber Sapta. (ar/beritasampit.co.id)

    Editor: A. Uga Gara