Tingkat Partisipasi Masyarakat Terhadap Pilkades Sangat Tinggi

    KASONGAN – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Katingan mendapat antusias yang sangat luar biasa dan tingkat partisipasi masyarakat terhadap jalannya pelaksanaan Pemilihan Kepala desa serentak pun sangat tinggi yaitu mencapai 80 persen.

    “Proses pelaksanaannya juga kita lihat sudah memenuhi dan mulai bagus serta sudah terlaksana dengan jujur, adil, bebas, langsung, dan rahasia. Ya, semuanya atas dari pemilihan itukan sudah terpenuhi kelihatanya. Jadi artinya demokrasi itu sudah berjalan dengan baik,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Katingan Kabul Mustiman, di ruang kerjanya, Senin (23/10/2017).

    Lanjutnya mengatakan, pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2017 yang diikuti 14 desa tersebut ada 5 kecamatan, yakni Kecamatan Kamipang ada tiga desa, Kecamatan Tewang Sanggalang Garing satu desa, Kecamatan Pulau Malan ada empat desa, Kecamatan Marikit satu desa dan Kecamatan Katingan Tengah ada lima desa kemarin dilaksananakan pada Pukul 07.00-13.00 WIB.‎

    Ketika ditanya, ada kejadian seperti tahun lalu, bahwa ada jumlah suara yang sama?. Dirinya menjawab bahwa untuk sementara tidak ada, semuanya ada pemenang. Hal itu tersebut masih belum ada dapat laporan dari panitia.

    “Ya, mudah-mudahaan bisa diterima dengan lapang dada siap menang, siap kalah dari pasangan calon. Karena memang dari pemantauan kita pelaksanaan dari pada Pilkades serentak itu sendiri memang dilaksanan secara demokrasi yaitu jujur,bersih,” ucapnya.

    Sementara, pelaksanaan pilkades dilakukan secara bertahap sesuai dengan peraturan yang ada, dan di Katingan untuk tahapan pilkades ini dimulai bulan Juli 2017. (ar/beritasampit.co.id)

    Editor: DODY