Guru Dipermudah Peroleh Gelar Sarjana

    SAMPIT – Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur bekerja sama dengan Universitas Palangka Raya menyelenggarakan kuliah percepatan bagi guru dalam rangka memenuhi kualifikasi sarjana atau S1.

    Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kotim Suparmadi, Senin (23/2) di Aula SMKN 2 Sampit. Progam ini disambut antusias para guru karena sangat memudahkan mereka menyelesaikan perkuliahan.

    Peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut yakni 513 mahasiswa pada gelombang pertama dan 110 mahasiswa pada gelombang kedua. Menurut Suparmadi Program Sarjana Kependidikan Guru Dalam Jabatan (PSKGJ) dalam upaya memenuhi Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, dimana guru harus berpendidikan S1.

    “Saya berharap agar para mahasiswa ini benar-benar mengikuti dan menyelesaikan sesuai dengan waktu yang direncanakan. Dengan peningkatan kualifikasi S1 ini tentu kompetensi guru dapat meningkat dan berpengaruh besar terhadap kualitas pendidikan di Kotim,” harapnya.

    PSKGJ merupakan program yang dikhususkan bagi guru-guru yang kuliahnya tidak selalu hadir seperti kuliah mahasiswa reguler. Peserta hanya memperhitungkan kredit semester melalui pengakuan pengalaman kerja dan hasil belajar.

    Sistem tersebut merupakan penghargaan terhadap wawasan, pengetahuan, keterampilan nilai dan sikap yang mencerminkan pengalaman kerja. Sistem ini tentu sangat memungkinkan para guru untuk kuliah tanpa perlu meninggalkan tugas mereka.
    Untuk diketahui, jumlah guru di Kabupaten Kotim saat ini berjumlah 4.909 dengan kualifikasi S1/S2 orang, penjelasannya 3.578 (72,88 persen) pendidikan di bawah S1 sebanyak 1.331 (27,11 persen) dalam arahan Dinas Pendidikan. (raf/240215/beritasampit.com)

    (Visited 2 times, 1 visits today)