Hasil Survei, Supian Hadi Diprediksi Menang Telak

    SAMPIT – Keseriusan H Supian Hadi dalam membangun Kabupaten Kotawaringin Timur yang dibuktikan secara nyata, tampaknya benar-benar dirasakan masyarakat. Tidak heran jika bupati termuda di Kalimantan Tengah ini masih mendapat kepercayaan besar dari masyarakat dan berpeluang menang telak dalam pemilu kepala daerah 9 Desember nanti.

    Prediksi bukan tanpa dasar. Hasil survei oleh lembaga survei independen, Saiful Mujani Research And Comunity (SMRC) yang dikontrak ekslusif oleh DPD Partai Demokrat Kalteng, tingkat kepercayaan masyarakat untuk memilih Supian Hadi kembali menjadi Bupati Kotim, sangat jauh lebih tinggi dibanding nama tokoh-tokoh lainnya yang dimasukkan dalam survei tersebut.

    Survei ini untuk mengukur elektabilitas dan popularitas para kandidat yang diprediksi akan maju pada Pilkada Kotim 2015. Tingginya elektabilitas dan popularitas calon petahana itu lantaran hasil dari kerja nyata selama membangun Kotim selama ini. Hasil survei ini dipaparkan dalam rapat DPD Partai Demokrat Kalteng pada Sabtu (20/6/2015) malam lalu.

    Ada sepuluh nama yang dimasukkan dalam survei tersebut. Hasilnya, responden yang memilih Supian Hadi sebesar 76,6 persen. H Supriyadi 4,9 persen, HM Taufik Mukri 3,3 persen, Hj Iswanti 2,3 persen, Parimus 2 persen, Jhon Krisli 1,7 persen, Ary Dewar 1,5 persen, Rimbun 0,8 persen, Rudini 0,5 persen, Rini Setiawati 0,0 persen dan tidak menjawab 6,3 persen.

    Apabila diajukan delapan nama calon, dukungan responden kepada H Supian Hadi sebesar  79,1 persen, H Supriyadi 4,9 persen, HM Taufik Mukri 2,8 persen , Jhon Krisli 2,6 persen,  Parimus 2,4 persen, Hj Iswanti 2,3 persen, Rudini 0.8 persen dan Rini Setiawati 0,0 persen.
    Ketika enam nama kandidat yang diajukan kepada responden, H Supian Hadi mendapat dukungan 80,3 persen, H Supriyadi 4,7 persen, HM Taufiq Mukri 3,6 persen, Parimus 2,1 persen, Jhon Krisli 2,1 persen dan Rudini 1,3 persen.

    Seandainya dijadikan empat calon, H Supian Hadi mendapat dukungan 81,4 persen, H Supriyadi 6,3 persen, HM Taufik Mukri 3,1 persen, Jhon Krisli 2,3 persen. Sedangkan apabila diajukan tiga kandidat, H Supian Hadi 82,1 persen, H Supriyadi 8,4 persen, Jhon Krisli 3,3 persen.

    Jika diajukan hanya dua kandidat, H Supian Hadi memperoleh dukungan 87,1 persen dan Jhon Krisli 4,4 persen. Seandainya Pilkada dilaksanakan saat, maka pasangan Supian Hadi-Taufik Mukri atau akrab dengan sebutan SAHATI, diprediksi memperoleh kemenangan mutlak yakni 86,2 persen.

    Wakil Ketua DPD Demokrat Kalimantan Tengah (Kalteng), H Burhani saat dikonfirmasi, membenarkan adanya survei oleh Saiful Mujani Research And Comunity (SMRC) tersebut. Hasilnya,  Bupati Kotim H Supian Hadi sebagai Calon Bupati Kotim periode 2015-2020 memang diprediksi akan memenangkan pemilu kepala daerah dengan selisih perolehan dukungan yang sangat besar.

    Tingginya elektabilitas dan popularitas H Supian Hadi dinilai karena masyarakat sudah mengenal betul sosok Supian Hadi atau akrab disapa SHD sebagai bupati Kotim. Berbagai penghargaan yang diraih Pemkab Kotim, serta berbagai pembangunan yang sudah dirasakan masyarakat  juga ikut andil memberikan kredit poin bagi meningkatnya kepercayaan masyarakat kepada H Supian Hadi.

    “Supian Hadi memperoleh elektabilitas dan popularitas cukup tinggi di masyarakat. Melihat hasil ini, kecederungan pemilih menganggap figur H Supian Hadi merupakan sosok pemimpin ideal di Kotim sebagai calon yang masih diinginkan masyarakat Kotim secara keseluruhan untuk terus melanjutkan pembangunan di Kabupaten Kotawaringin Timur,” ungkapnya.

    Burhani menyampaikan, berdasarkan hasil kajian tim survei MRSC, masyarakat Kabupaten Kotim masih mempercayai dan memberikan kesempatan lima tahun kedepan untuk SHD melanjutkan memimpin Kotim 2015-2020.

    Penilaian masyarakat dikarenakan pembangunan di segala bidang yang sudah terlihat dengan jelas dan merasakan seluruh hasil pembangunan,dimana sekarang ini, Kabupaten Kotim adalah sebagai kabupaten termaju di antara seluruh kabupaten se-Kalteng.

    “Dimata masyarakat Kotim, SHD mendapatkan kredit poin dari kesuksesannya selama menjadi bupati Kotim 2010-2015. Dengan keberhasilan memimpin Kotim, maka Partai Demokrat tidak ada pilihan lain dan akan mempertimbangkan serta mempertahankan H Supian Hadi sebagai bupati periode 2015-2020 mendatang,” pungkasnya. (vis/210615/beritasampit.com)

    (Visited 1 times, 1 visits today)