​Festival  Budaya Habaring Hurung Dibuka, Bupati Ingin Masyarakat Dukung Kotim Sebagai Tujuan Wisata 2017

    SAMPIT – Dalam rangka melestarikan dan mengembangkan keseniam dan kebudayaan daerah, pemerintah daerah melalui dinas Kebudayaan dan Pariwisata mengadakan kegiatan festival Budaya Habaring Hurung tahun 2017.

    Kegiatan tahunan ini berlangsung selama 6 hari dan resmi dibuka pada Sabtu, (1/4/2017) malam di Ikon Wisata Taman Kota Sampit. H Supian Hadi saat membuka kegiatan tersebut menginginkan acara festival budaya dapat berjalan lancar dan aman.

    Bupati juga berharap seluruh masyarakat dapat mendukung Kotim sebagai kota tujuan Kota Wisata 2017. “Walaupun kita masih sepenuhnya belum siap tetapi dalam 5 tahun belakangan ini pemerintah daerah sudah gencar melakukan program pariwisata demi mewujudkan Kotim sebagai daerah tujuan wisata,” ujar Supian Hadi.

    Orang nomor satu di Bumi Habaring Hurung ini juga meminta agar program pemerintah daerah dapat terus didukung guna meningkatkan pariwisata di Kotim.

    Sementara beberapa lomba digelar yaitu seperti lomba kesenian daerah seperti lomba tari, karungut, pemilihan putra dan putri pariwisata, dan untuk permainan khas daerah yaitu seperti balogo.

    Kemudian juga ada lomba masak khas daerah, bagasing, lawang skepeng, mangaruhi, manetek kayu, manyumpit, malamang, magenta, dayung, besei kambe, dan sepak saut.

    Dalam kesempatan itu, Bupati Kotim, H Supian Hadi juga memberikan bantuan alat musik maulid habsi untuk Majelis Taklim di Kecamatan Baamang, Seranau, MB Ketapang, Tualan Hulu, serta Kecamatan Parenggean.

    (fzl/beritasampit.co.id)