Ketua DPD LASQI Katingan: FSQ Wadah Menunjang Program Pemerintah Pada Bidang Seni Budaya Islam

    KASONGAN – Ketua Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (DPD LASQI) Katingan Endang Susilawatie berharap Festival Seni Qasidah (FSQ) ke 4 tingkat Kabupaten Katingan ‎dapat melestarikan kreasi seni budaya pesisir yang berkolaborasi dengan seni budaya daerah. Dan juga turut serta menunjang program pemerintah di bidang seni budaya dari pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan moral Bangsa, Agama, Negara dan Pancasila.

    “Kegiatan ini sekaligus sebagai wadah dalam menunjang pembinaan mental serta pengembangan dan peningkatan minat bakat dan potensi di dalam seni qasidah masyarakat kabupaten katingan. Dan juga turut melaksanakan program pemerintah dibidang pembangunan serta spritual untuk menciptakan manusia Indonesia seutuhnya,” kata Endang Susilawatie saat menyampaikan sambutanya pada Pembukaan FSQ ke 4 tingkat Kabupaten Katingan di halaman Kantor Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Katingan setempat, Minggu (30/9/2017) malam.‎

    Endang juga mengatakan bahwa Kegiatan ini merupakan salah satu program pokok DPD LASQI Kabupaten Katingan yang diharapkan agar dapat memberikan gambaran dampak positif terhadap perkembangan seni qasidah di kabupaten katingan.

    “Kami menyakini bahwa kegiatan semacam ini akan dapat meningkatkan kapasitas pengetahuan antara pengurus LASQI Katingan pada setiap tingkatannya dan seluruh peserta yang terlibat di dalamnya serta masyarakat pada umumnua,” ucapnya.‎

    Dirinya menambahkan sesuai dengan perkembangan jaman diperlukan eksistensi sebuah lembaga yang memberikan sumbangan dan kontribusi maupun syair islam untuk menyelamatkan dan membentangi pengaruh budaya tatanan kehidupan yang tidak terarah, pada ketentuan ajaran agama islam.

    “Dalam hal ini lembaga seni qasidah indonesia memberikan suasana kehidupan dengan peranan di bidang kesenian dalam bentuk seni qasidah sebagai wujud menjunjung tinggi dan tetap mengutamakan etika islami,” terangnya.‎

    Nilai budaya Islami indonesia, perlu di bina dan di kembangkan guna memperkuat kepribadian bangsa atas dasar norma-norma pancasila serta di dorong oleh nilai-nilai yang berakhlatul karimah. Seni qasidah merupakan seni budaya tradisional yang mempunyai ciri-ciri khas islami yang berkembang dan beradabtasi dengan musik daerah nusantara. Lembaga seni qasidah indonesia merupakan salah satu pusat kegiatan keagamaan yang beroreantasi pada pelaksanaan dakwah islam melalui kesenian.

    “Semenjak berdirinya DPD LASQI di Katingan akan terus berupaya untuk berbenah dan pada giliranya di harapkan agar dapat berkontribusi kepada kegiatan pegembangan dan peningkatan kapasitas seni qasidah baik di tingkat kabupaten katingan maupun di tingkat provinsi kalimantan tengah bahkan hingga ke tingkat nasional,” pungkasnya. (ar/beritasampit.co.id)

    ‎‎Editor: DODY