Berkat Pola IGA Sawit Binaan “Astra” Perekonomian Desa Gandis Semakin Meningkat

    Laporan Khusus: Oleh Maman Wiharja Bagian (2) Habis

    BERKAT, Pola IGA Sawit, yang dibina PT. NSIP dan PT. PBNA (Astra Group), perekonomian Desa Gandis Kecamatan Aruta Kabupaten Kobar, kini semakin meningkat. Bahkan menurut Yoner Agung,tokoh masyarakat Dayak, saat ini Desa Gandis telah berubah dan berani bersaing dengan desa desa lainnya yang ada di Kecamatan Arut Utara.

    “Saya bicara apa adanya, bukan ingin terpuji oleh perusahaan,silah buktikan datang ke desa gandis,lihat perkembangan kehidupan masyarakat desanya sekarang sudah meningkat,” aku Yoner, kepada penulis.

    Dan memang kenyataan,saat penulis hari Minggu lalu mancing ke DAS Arut, lewat Pangkut, terus ke Panahan, sempat lewat Desa Gandis, ternyata benar pembangunan disekitar desa dan pemukiman warganya,sudah berubah ada peningkatan.

    Program Pola IGA Sawit, yang dibina Astra, secara rutin setiap bulannya diadakan pertemuan, dengan kegiatan tentang pendiidikan yang membahas seputar mengelola sawit.

    “Melalui pendidikan itulah masyarakat lebih memahami mengelola sawit dan hasilnya pun sangat menguntungkan bagi masyarakat dengan ilmu yang didapat dari PT Astra,” kata Yoner.

    Diapun mengharapkan agar desa desa yang ada disekitar PT Astra agar Mau terlibat dalam pola IGA Sawit karena hasilnya sangat menjanjikan, seperti yang sudah dialami Desa Gandis. Comunity Developmen Area Manager PT. Astra Agro Lestari Borneo 1, H. Nazri Ikhwan melalui CDO PT SINP /PBNA.

    H. Hidayatusyah’ban, saat dikonfirmasi penulis Senin (2/10/2017, mengatakan perusahaan sejak awal pendirian kebun senantiasa melibatkan masyarakat setempat, baik sebagai mitra strategis, sebagai pemasok berbagi jenis barang dan jasa ataupun jasa kebutuhan perkebunan. Kebijakan tersebut untuk membuka peluang usaha dan peluang kerja bagi masyarakat disekitar kebun.

    “Kami inginkan keberadaan kami mampu penjadi Penggerak perekonomian masyarakat, melalui pembinaan itulah kami menjalin ikatan kemitraan yang positif dengan masyarakat, karena keadaan kami dan masyarakat ikatan yang tidak bisa dipisahkan karena saling membutuhkan,” kata Hidayatusyah’ban.

    Saat ini, lanjut H. Hidayat, diwilayah PT. Astra Agro Lestari Borneo 1, ada 638 H, lahan sawit dengan pola IGA, kedepan menurutnya akan ditambah lagi yakni Kelurahan Pangkut dan Desa Sukarami keduanya akan dibina dengan pola IGA.

    Perusahaan dalam menerapkan program CSR bukan saja dalam bidang meningkatkan perekonomian saja seperti melalui pola IGA Sawit, tapi juga CSR yang ditetapkan peruahaan bisa membantu dalam peningkatan bidang pendidikan, kesehatan dan lingkungan.

    “Program program CSR kami, bertujuan untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya, bahkan program CSR kami juga harus mampu memecahkan permasalahan yang dihadapi masyarakat, dalam hal ini kamipun mengharapkan inisiatif dari masyarakat dengan harapan terbentuk masyarakat yang mandiri,” ujar Hidayat.

    Program lainnya yang selalu dilakukan perusahaan, adalah melakukan pembinaan kepada Suku Dayak Tomun diantaranya dengan membina sanggar Seni Bagimang Panji.

    “Kami cinta dengan budaya untuk itu kami ingin suku dayak tomun yang ada di Kecamatan Arut Utara bekembang dengan baik dan mampu mempromosikan keberadaannya, karena keberadaannya menjadi aset bagi daerah yang harus dilestarikan dan dipertahankan kebudayaannya,” ujar Hidayat.

    Setiap bulan oktober sejak tahun 2016, pihaknya selalu menggelar budaya Dayak Tomun, selain itu juga selalu menyelenggarakan upacara adat Menanggar Nadzar yang dilaksanakan setiap bulan Maret dimulai pada tahun 2016.

    Dalam kesempatan itu pun Hidayatusyah’ban mewakili keluarga besar PT. Astra Agro Lestari Borneo I yakni PT GSIP-AMR, PT GSDI-GSYM, PT GSPP menyampaikan ucapan Selatan HUT Kabupaten Kotawaringin Barat Ke 58, semoga dalam usia ke 58, kabupaten Kotawaringin Barat makin Jaya dan PT. Astra selalu siap mendukung program Pemerintah daerah.

    Sementara Wakil Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat Ahmadi Riansyah mengatakan Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi dengan adanya program CSR dengan pola IGA, diharapkan pola tersebut bisa ditiru dengan peruahaan lainnya sehingga dapat terwujud kesejahteraan masyarakat.

    “Awal lounching program IGA Sawit ini banyak masyarakat yang menolak namun akhirnya seiring waktu karena sudah ada contoh desa yang ikut program tersebut dan hasilnya sangat menjanjikan sehingga saat ini masyarakat pun berlomba lomba ingin ikut dalam program IGA Sawit itu, jadi kami harapkan PT Astra dapat meningkatkan kembali program IGA ini mengingat banyaknya permintaan masyarakat yang ingin diikut sertakan dalam program tersebu,” papar Wakil Bupati Ahmadi Riansyah.

    Dengan adanya program IGA Sawit itu, juga menurut Wabup bersinergi dengan program Pemkab Kobar dalam meningkatan sektor perkebunan dalam arti luas. “Antara Perusahaan dan Pemkab Kobar selalu bersinergi dalam program pembangunan daerah, hal ini yang telah dilakukan PT Astra selama ini,” pungkas Wabub Ahmadi Riansyah.(Maman Wiharja).

    (Visited 1 times, 1 visits today)