MANTAP !!!, Kecamatan Katingan Tengah Pertahankan Gelar Juara Umum Festival Seni Qasidah, Apa Rahasianya?

    KASONGAN – Pergelaran ajang Festival Seni Qasidah (FSQ) ke 4 tingkat Kabupaten Katingan resmi di tutup. Kemenangan selalu milik Kecamatan Katingan Tengah. Pasalnya Kecamatan Katingan Tengah ini kembali mempertahankan Piala Juara Umum yang kedua kalinya pada Invent terbesar Festival Seni Qasidah tingkat Kabupaten Katingan di kota Kasongan. Keberhasilan mempertahaan gelar juara umum tersebut karena adanya pembinaan dan persiapan yang matang dari kontingen Kecamatan Katingan Tengah.

    Dengan memperoleh nilai sebanyak 45 poin Katingan Tengah berhasil mempertahankan Juara Umum, kemudian di susul terbaik Dua dari Kecamatan Katingan Kuala dengan nilai 32 poin dan ketiga menjadi milik Kecamatan Petak Malai dengan poin 13.

    Bupati Katingan Sakariyas dalam pidato yang disampaikan oleh Sekda Katingan Nikodemus mengatakan, dengan terselenggaranya kegiatan Festival Seni Qasidah secara baik, maka sejatinya kemenangan milik bersama. Kalah dan menang hanyalah bentuk apresiasi terhadap mutu dan kreatifitas seni yang ditampilkan.
    “Perlombaan Hadrah, Rebana dan bintang vokalis tentu saja memacu adrenalin, juga dapat mengakrabkan, menyemarakan geliat syiar islam lewat kegiatan kesenian. Dan pula dapat menjadi ajang promosi kekayaan budaya daerah masing-masing,” kata Nikodemus pada saat penutupan FSQ ke 4 tingkat Kabupaten Katingan di halaman Kantor Pengembangan Tilawatil Quran ( LPTQ) Kasongan, Selesa (3/9/2017) malam.
    Dirinya menyakini bahwa kebersamaan saat berjalanya pelaksanaan tidak menghambat sportivitas, bahkan dapat memupuk solidaritas dan kemitraan diantara semuanya. Dan juga merupakan modal penting dan berharga bagi masyarakat dan pemerintah kabupaten katingan dalam proses pembangunan daerah.
    “Selanjutnya apabila seperti yang disampaikan Ketua DPD LASQI Katingan. Bahwa semua Dewan Pimpinan Cabang Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (DPC LASQI) Kecamatan selalu melakukan pembinaan terhadap seniman-seniman qasidah. Maka di kabupaten Katingan ini akan lahir seniman-seniman lokal yang islami yang akan dapat berbicara banyak baik di level provinsi bahkan di tingkat nasional nantinya,” Tuturnya.
    Ia mengatakan, dengan harapan bahwa festival seni qasidah ini memberikan kontribusi manfaat yang besar bagi kita semua dan dapat terus ditingkatkan kualitas pelaksanaannya dimasa-masa yang akan datang.
    Ketua panitia FSQ katingan Alimansyah dalam laporannya menyapaikan, bahwa Festival Seni Qasidah ke 4 tingkat Kabupaten Katingan telah berjalan dengan lancar, dari awal hingga akhir mulai dari 29 september- 3 Oktober 2017 di kota kasongan ini.
    “Cabang yang dilombakan dalam Festival Seni Qasidah ke 4 tingkat Kabupaten Katingan yaitu Rebana klasik Putra/Putri, Rebana Kolaborasi, Hadrah, Bintang Vocalis anak-anak Putra/Putri, Bintang vocalis Remaja Putra/Putri. Dengan jumlah total keseluruhan peserta sebanyak 368 di 13 wilayah kecamatan di Kabupaten Katingan,” pungkas Alimansyah.
    Sementara itu, Camat Katingan Tengah Hariawan, mengatakan sangat gembira dan terimaksihnya kepada pemerintah kabupaten katingan, Ketua DPD LASQ katingan,kepada panitia penyelenggara ‎serta tidak lupa mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
     “Bahwa semua ini merupakan hadiah buat masyarakat katingan tengah sendiri, karena merekalah yang bersusah payah. Temasuk kontigen-kontingen juga bersusah payah untuk mendapatkan predikat terbaik sehingga pialanya kembali ke kita lagi. Memang persiapan kita cukup intens ya, sehingga mereka juga rutin dalam melakukan latihan sehingga ini menjadi hasil kemenangannya. Dan juga untuk kedepan berusaha kembali untuk mempertahankan gelaran juaram umum kecamatan katingan tengah,” Ucap Hariawan.(ar/beritasampit.co.id)
    Redaktur : Edy Ruswandi