Dinkes Sukamara Berhasil Sembuhkan Empat Penderita Kusta

    SUKAMARA – Pemerintah Kabupaten Sukamara melalui Dinas Kesehatan setempat berhasil menyembuhkan empat orang penderita penyakit kusta pada tahun 2017 lalu.

    Penyakit menular ini sangat ditakuti oleh masyarakat sehingga penderitanya mengalami diskriminasi bahkan dikucilkan, karena itu Dinkes Sukamara terus melakukan upaya dan pengobatan kepada para penderita kusta agar sembuh dan tidak menular ke yang lainnya.

    “Penderita penyakit kusta ini kita temukan di Kecamatan Sukamara ada 2 orang, di Kecamatan Balai Riam ada 1 orang dan di Kecamatan pantai Lunci ada 1 orang penderita,” ujar Kasie Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sukamara, Dr Benson Nababan, Selasa (20/2/2018).

    Benson menerangkan bahwa penyakit kusta ini merupakan penyakit menular sehingga upaya penanganan atau pengobatan harus dilakukan terhadap penderita hingga benar-benar sembuh agar tidak lagi menular kepada yang lainnya.

    “Karena sangat menular, jadi warga lain takut untuk berinteraksi, bahkan penyakit ini memiliki julukan penyakit kutukan,” ucapnya.

    Karena itu, cara agar penderita yang telah sembuh tersebut dapat kembali percaya diri, Dinkes Sukamara memberikan sertifikat bagi penderita yang sudah dinyatakan sembuh karena selama ini penderita kusta dikucilkan dan dijauhi oleh masyarakat yang takut tertular.

    “Masih banyak yang takut walau sudah sembuh, nah salah satu caranya kita beri sertifikat, tujuannya agar masyarakat percaya dan tidak menjauhi mantan penderita kusta ini,” tukas Benson.

    (enn/beritasampit.co.id)

    (Visited 2 times, 1 visits today)