DPRD Katingan : Mutu Pendidikan Di Katingan Alami Penurunan, Kok Bisa?

    KASONGAN – Anggota Komisi 1 DPRD Katingan, Etarly D, AMd, mengatakan meski di bidang infrastruktur mengalami peningkatan, namun mutu atau kualitas pendidikan, khususnya di semua jenjang pendidikan, mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP). Bahkan di tingkat SMA, belum mengalami peningkatan, bahkan terlihat menurun.

    Hal ini terkait dengan kunjungan kerja yang dilakukannya selaku badan legeslatif, menurutnya, yang pertama kali dilakukan sesuai agenda adalah kunjungan ke Dinas Pendidikan setempat bersama ketua dan anggota komisi I lainnya, yang pada saat itu disambut baik oleh kepala Dinas Pendidikan setempat, Muhammad Hasrun, di aula Dinas Pendidikan setempat
    Di dalam kunjungan tersebut menurutnya, banyak hal yang dipertanyakan dan didiskusikan.

    Selain masalah manajemen dan disiplin tenaga pendidik di semua jenjang pendidikan, tidak terlepas juga membicarakan tentang sertifikasi guru dan tunjangan kinerja guru. “Baik yang sudah bersertifikasi maupun yang belum bersertifikasi,” ungkapnya.

    Oleh karena itu, dirinya berharap kepada Dinas Pendidikan setempat agar membenahi manajemen di setiap sekolah. Pembenahan tersebut dimulai dari tenaga pendidiknya (guru).

    “Karena, kalau tenaga pendidiknya menunaikan kewajibannya dengan bagus di sekolah, maka akan berpengaruh positif pula terhadap anak didiknya,” jelas Etarly saat melakukan kunjungan kerja (kunker) di Dinas Pendidikan Kabupaten, belum lama ini.

    Dirinya menambahkan, jika tenaga pendidiknya kurang disiplin saat melaksanakan tugasnya, secara otomatis akan berkurang pula tingkat kecerdasan anak didiknya. “Hal ini sudah memang rumus sejak zaman dulu,” katanya.

    Untuk meningkatkan mutu tenaga pendidik, dirinya meminta kepada Dinas Pendidikan setempat untuk melakukan pembinaan terhadap tenaga pendidik di semua jenjang pendidikan, utamanya tenaga pendidik PAUD, SD hingga SMP.

    Sehingga ke depannya semua anak didik kita dapat terlayani dengan baik. “Kalau saja tenaga pendidiknya disiplin dalam menjalankan tugasnya, saya yakin semua anak didik di Katingan ini tidak saja bisa cerdas sesuai dengan bunyi dari salah satu visi Kabupaten, yaitu Katingan Cerdas, tapi akan meningkat pula Sumber Daya Manusia (SDM) di bumi Penyang Hinje Simpei ini,” pungkasnya.

    (ar/beritasampit.co.id)