Dinkes Kotim Gelar Workshop Akreditasi Puskesmas

    SAMPIT – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah menggelar kegiatan Workshop tentang Akreditasi Puskesmas, bertempat di Aula Lantai ll Dinkes setempat, Kamis (22/03/2018).

    Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 20-25 Maret 2018, diikuti Puskesmas Ketapang l, Baamang l, Kota Besi, Sebabi, Perenggean ll, dan Puskesmas Samuda. Total peserta yang ikuti sebanyak 50 orang, masing-masing perwakilan dari Puskesmasnya.

    Kepala Dinkes Kotim, dr Faisal Novendra Cahyanto mengatakan, akreditasi Puskesmas merupakan salah satu mekanisme regulasi yang bertujuan untuk medorong upaya penigkatan mutu dan kinerja pelayanan Puskesmas.

    “Yang mana Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan sebagai Tujuan Utama Akreditasi Puskesmas,” katanya.

    Faisal menjelaskan, perlu dipahami bahwa akreditasi tidak menilai tampilan gedung Puskesmas, namun lebih kepada proses PDCA-nya di Puskesmas. Bagaimana Puskesmas dapat memberikan pelayanan yang maksimal/bermutu kepada pasien/masyarakat pengguna jasa pelayanan dengan sarana prasarana dan SDM yang ada. Puskesmas memahami tugas dan fungsi Puskesmas.

    Sesuai roadmap akreditasi Puskesmas Kabupaten Kotawaringin Timur, bahwa pada tahun 2018 ini sebanyak 6 (enam) puskesmas yang mendapat pendampingan dari Tim Pendamping Akreditasi.

    “Di kotim sudah 9 Puskesmas yang telah dinilai akreditasinya, 4 PKM mendapat akreditasi dasar, 2 PKM akreditasi Madya dan masih ada 3 PKM yang disurvey pada Desember 2017,” kata Faisal.

    Ia mengungkapkan, dalam upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan adalah menjadi tugas dan tanggungjawab dilingkup Dinas Kesehatan Kabupaten, hal ini merupakan bagian tanggungjawab kepala bidang, dan kepala seksi/sub bagian.

    (put/beritasampit.co.id)