Ini Arti Warna Bendera Dilintasan MotoGP

    SAMPIT – Perhelatan MotoGP musim 2018 telah berlangsung 18 Maret lalu. Seperti tahun sebelumnya Sirkuit Internasional Losail (Losail International Circuit) Qatar membuka balapan sepeda motor paling bergengsi ini. Pada seri perbuka itu pembalap Ducati, Adrea Dovizioso, menjadi yang tercepat mengungguli Marc Marquez diposisi kedua dan Valintino Rossi yang harus puas dipodium ketiga. Sesaat lagi kita akan melihat kepiawaian rider-rider kesohor ini pada seri kedua di Argentina, Minggu (8/4/2018).

    Berbeda dengan tahun lalu, pada musim 2018 terdapat 19 seri balapan, karena masuknya Sirkuit International Chang di Buriram, Thailand, dalam kalender motorGP. Qatar masih berstatus tuan rumah seri pembuka dan ditutup dengan Valencia pada 18 November mendatang.

    Selain tambahan seri balapan, ada sejumlah hal baru dalam putaran motoGP tahun ini, seperti pemangkasan sirkuit atau lap (putaran) di beberapa balapan hingga di segi regulasinya.

    Dari keseruan balapan MotoGP, mungkin ada sebagian dari kita yang belum paham tentang perbedaan warna-warni bendera yang dikibarkan oleh Flag Marshal yang bertugas dibeberapa sisi sirkuit. Disini penulis mengajak kita sama-sama belajar dan memahami arti lampu atau warna bendera yang digunakan saat balapan di MotoGp.

    Lampu MERAH : Berada di atas garis start/finish. Ketika dihidupkan artinya balapan akan segera dimulai. Pit Crew dan Umbrella Girl harus segera meninggalkan track.

    Bendera MERAH dan LAMPU MERAH : Ketika terjadi sesuatu yang fatal saat balapan atau sesi latihan, bendera merah akan dikibarkan bersamaan dengan dihidupkannya lampu merah yang berada di sekeliling track. Pembalap harus segera menurunkan kecepatan dan kembali ke pit box. Bendera merah juga sebagai tanda bahwa balapan dihentikan atau di tunda.

    Lampu HIJAU : Pembalap diizinkan masuk ke track untuk memulai sesi. Lampu ini berada di pit lane exit untuk menunjukkan kalau sesi latihan bebas, warm up, kualifikasi, atau sighting lap dimulai.

    Bendera HIJAU : Menandakan kalau track aman. Bendera ini juga akan dikibarkan ketika bendera kuning sudah ditarik saat insiden kecelakaan atau bahaya di bagian track tersebut sudah diatasi.

    Bendera KUNING : Peringatan kepada rider telah terjadi kecelakaan atau insiden dilintasan balap. Pembalap wajib mengurangi kecepatan dan dilarang melakukan overtaking di zona bendera kuning dikibarkan. Yang melanggar biasanya akan dikenakan hukuman atau pengurangan point. Apabila dikibarkan di semua sisi atau garis start, artinya race akan ditunda dengan waktu yang belum ditentukan.

    Bendera PUTIH : Dikibarkan sebagai informasi kepada pembalap dapat mengganti mesin/motor. Bendera ini paling sering digunakan saat cuaca berganti dari kering ke basah saat hujan atau sebaliknya.

    Bendera Putih dengan garis silang merah atau Bendera dengan garis Kuning dan Merah diagonal : Bendera ini menandakan bahwa ada hujan di lintasan itu. Terkadang hujan tidak merata di semua track.

    Kalau ditunjukkan berbarengan, artinya track basah di bagian tersebut. Apabila bendera ini dikombinasikan artinya semua lintasan sudah basah atau balapan berubah menjadi wet race.

    Bendera dengan garis kuning dan merah juga biasanya dikibarkan untuk memberi tahu pembalap bahwa lintasan menjadi licin, baik karena oli atau minyak yang tercecer di lintasan atau basah karena hujan yang menyebabkan lintasan menjadi licin.

    Bendera Hitam : Artinya diskualifikasi. Biasanya dikibarkan bersama menunjukkan nomor rider yang di diskualifikasi, tentunya dikibarkan setelah tim dari rider yang bersangkutan diberitakan konfirmasi terlebih dahulu.

    Bendera Hitam Putih : Biasanya dikibarkan bersama dengan nomor pembalap, artinya pembalap tersebut mendapatkan peringatan, baik melakukan hal yang kurang sportif atau curang dalam balapan. Jika pembalap yang bersangkutan tidak mempedulikan dan masih melakukannya maka akan mendapat bendera hitam atau diskualifikasi.

    Selain itu ada Bendera hitam dengan Lingkaran warna orange ditengahnya :Bendera ini sebagai informasi kepada rider bahwa motornya mengalami masalah mekanik yang dapat membahayakan dan harus segera meninggalkan track. Bendera tersebut dikibarkan jika pembalap yang nomornya turut disebutkan mengalami masalah mekanis.

    Bendera Biru : Artinya ada pembalap yang lebih cepat dibelakang. Bendera ini menunjukkan kepada rider bahwa ia akan dioverlap dan harus memberikan jalan untuk pembalap dibelakangnya.

    Bendera HITAM dan PUTIH kotak – kotak seperti papan catur (Chequered Flag) : Artinya balapan sudah selesai. Pembalap terdepan menjadi juaranya dan dikibarkan di garis start-finish.

    Dibeberapa kesempatan bendera ini dikibarkan karena ada keputusan dari Race Direction apakah pembalap tersebut menyalahi aturan.

    Itulah sedikit gambaran tentang arti bendera yang selalu dipegang dan dikibarkan Flag Marshal di lintasan motoGP, semoga bermanfaat. Yang pasti anda penggemar MotoGP sudah tidak sabar ingin menyaksikan rider jagoannya bertanding di musim 2018.

    (jun/Berita Sampit).