Pesan Pjs Bupati Katingan, AKBP Ivan Adityas Nugraha Tetap Warga Dayak Kalteng

    KASONGAN – Pejabat sementara (Pjs) Bupati Katingan Drs Suhaemi mengingatkan kepada Kapolres Katingan periode 2017-2018, AKBP Ivan Adityas Nugraha SIK walaupun sudah melakukan tugas di Mabes Polri Jakarta, agar tidak lupa bahwa dirinya adalah warga dayak.

    Karena beberapa waktu yang lalu sudah dinobatkan atau dianugrahkan gelar oleh dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng.

    “Mudah – mudahan, walaupun bapak (Adityas) sudah di Mabes Polri Jakarta, tetapi tetap warga dayak Kalteng, dengan kedudukan dan jabatan beliau yang baru,” Harapnya.

    Sebelumnya Kapolres Katingan AKBP Ivan Adityas Nugraha SIK diberi penganugrahan gelar kehormatan adat dayak yaitu sebagai Mantir Panambahan Karambang Lewu Mandereh Danum oleh Ketua Umum Dewan Adat Dayak Kalimantan Tengah H Agustiar Sabran S Kom. Selasa (27/03/2018)

    Gelar yang diberikan “Mantir Panambahan Karambang Lewu Mandereh Danum” ini adalah bermakna sebagai warga kehormatan dayak Kalimantan Tengah, yang dipandang mampu menjaga keamanan dan ketertiban serta bertanggung jawab sebagai pelindung pengayom dan penegakan hukum dalam rangka meningkatkan harkat dan martabat masyarakat adat dayak Kalimantan Tengah terutama di Kabupaten Katingan.

    Polres Katingan, kini resmi dipimpin oleh Kapolres baru yakni, AKBP Eliester Dharma Bahagia Ginting, SH, SIK, MH mengantikan AKBP Ivan Adityas Nugraha, SIK yang sebelumnya menjabat di Polres Katingan.

    Sebelumnya, sudah dilakukan serah terima jabatan di Mapolda Kalteng. Kemudian, pada Senin (9/4/2018), dilaksanakan penyambutan Kapolres Katingan yang baru dengan tradisi adat dayak Katingan yang dinamakan dengan potong pantan, dan diiringi musik karungut serta tarian daerah.

    Dalam rangka kenal pamit Kapolres Katingan AKBP Ivan Adityas Nugraha SIK dengan AKBP Eliester Dharma Bahagia Ginting, SH, SIK, MH, yang dilaksanakan di Gedung Salawah Kasongan, pada Senin (9/4/2018) malam sekitar pukul 19.30 wib berjalan meriah.

    (ar/Beritasampit.co.id)

    EDITOR: MAULANA KAWIT