Pengembangan Perikanan Kapuas Jadi Tempat Praktek ULM Banjarmasin

    KUALA KAPUAS – Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Kapuas menerima kunjungan dari rombongan dosen dan mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Kamis (3/5/2018). Kunjungan itu dalam rangka melaksanakan kegiatan praktek mahasiswa terkait pengembangan perikanan di Kabupaten Kapuas.

    Menurut Kepala Diskan Kapuas Ir Darmawan melalui Kepala Bidang Pengelolaan Usaha Perikanan Arjoni MAP, mereka memilih Kapuas dalam praktek lantaran tertarik dengan karakteristik wilayahnya, daerah lahan gambut.

    “Mereka (para mahsiswa ULM) ini nanti selama tiga hari akan mempraktekkan ilmu-ilmu yang mereka dapatkan dibangku kuliah terhadap komoditi ikan-ikan jenis lokal, seperti ikan betok dan gabus,” ujarnya, kepada beritasampit.co.id.

    Adapun kegiatan mereka, lanjut Arjoni, akan mengunjungi objek-objek pengembangan perikanan, seperti Balai Benih Ikan, kawasan minopolitan, posikandu, pasar perikanan/pelabuhan perikanan, dan lainnya.

    “Atas kunjungan ini kami dari Dinas Perikanan sangat berterima kasih dan apresiasi sekali atas kedatangan mereka, karena di dalam sejarah dinas ini baru pertama kali kedatangan tamu yang lumayan banyak,” ungkap Kabid Pengelolaan Usaha Perikanan Diskan Kapuas tersebut.

    Diterangkannya, pada pertemuan siang tadi, kegiatan yang telah dilakukan mahasiswa ULM tersebut yakni perkenalan. “Kemudian kami tadi sedikit memberi gambaran singkat program-program yang sudah dan akan dijalankan dalam pengembangan perikanan di Kapuas,” ucap Arjoni, seraya menegaskan bahwa pihaknya siap membantu para mahasiswa selama praktek tersebut.

    Untuk diketahui, jumlah mahasiswa ULM yang praktek di Kapuas ini berjumlah 150 orang. Terdiri dari jurusan budidaya, pengolahan hasil, tangkap, dan jurusan lainnya pada Fakultas Perikanan.

    (irfan/beritasampit.co.id)