Peringati HUT Pramuka ke-57, Kwarcab Katingan Gelar KBP Tingkat Kabupaten

    KASONGAN – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) gerakan Pramuka ke 57, Kwartir Cabang (Kwarcab) 1508 Pramuka Katingan Gelar Upacara pembukaan Kemah Besar Pramuka (KBP) Se Kabupaten Katingan, di halaman sekretariat Kwarcab setempat, Selasa (13/8/2018).

    Kemah besar yang dibuka oleh Pejabat (Pj) Bupati Katingan Baru I Sangkai yang diwakilkan Sekda Katingan Nimodemus tersebut, juga di hadiri Ketua DPRD Katingan Ignatius Mantir Ledie Nussa, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalteng, Ir Sipet Hermanto‎, serta tamu undangan lainnya.

    KBP se Kabupaten Katingan ini diikuti dari enam Kwartir Ranting yakni, Katingan Hilir, Tasik Payawan, Tewang Sangalang Garing, Pulau Malan, Katingan tengah dan Sanaman Mantikei. Sehingga jumlah keseluruhan peserta sebanyak 602 orang, terdiri dari peserta Pengalang Putra 96 orang, Penegak Putra 149 orang, Penggalang Putri 97 orang, peserta Penegak Putri 155 orang, Peninjau 54 orang dan Pembina pendamping 78 orang.

    Pj. Bupati Katingan, Baru I Sangkai melalui Sekda Katingan Nikodemus, mengharapkan kepada seluruh jajaran pramuka utamanya anggota dewasa baik sebagai majelis pembimbing, andalan, pelatih, pembina, pamong saka maupun instruktur, agar merapatkan barisan untuk bekerjasama secara sinergis guna mempercepat mewujudkan kaum muda indonesia khususnya di Kabupaten Katingan yang berkepribadian luhur, berkarakter, berwatak, handal dalam berfikir dan bertindak, memiliki jiwa bela negara, dan terampil dalam berbagai kecakapan sebagai bekal hidup kelak.

    Sebab menurutnya, pembangunan karakter bangsa menjadi fokus bangsa kita kini dan kedepan. Pembangunan sumber daya manusia harus sejalan dengan pembangunan fisik, karena kunci keberhasilan pembanguan bangsa terletak pada sumber daya manusia yang berkualitas.

    ” Kepada para penerima penghargaan dari gerakan pramuka, saya ucapkan selamat dan terimaksih atas jasa-jasa pengabdian, dan kerjasama selama ini dalam meningkatkan aktivitas dan kualitas gerakan pramuka di Katingan ini. Semoga penghargaan yang telah diterima dapat memacu dan mendorong kakak-kakak untuk dapat membantu tanpa bosan dan lelah guna memajukan geraka pramuka dalam tujuan yang dicita-citakan bangsa ini,” ujarnya.

    Selain itu, KBP adalah sarana pendidikan dan pertemuan besar bagi pramuka siaga, pengalang dan penegak yang bertujuan untuk membentuk watak, meingkatkan sikap kemandirian, keterampilan, memperkokoh jiwa persatuan dan kesatuan. ” Hakikatnya perkemahan besar pramuka tahun 2018 adalah festival atau pesta bagi pramuka siaga, pengalang dan penegak.” pungkasnya.

    Sementara, ketua panitia Leda Al Muqsith menyampaikan pelaksanaan KBP se Kabupaten Katingan ini bertemakan “Suarakan Semangat Kepramukaan Melalui Persaudaraan Menuju Katingan Bermartabat”,yang dilaksanakan selama 6 hari pada tanggal 13- 18 agustus 2018.

    Menurutnya, sasaran setelah mengikuti perkemahan besar pramukan peserta, diharapkan akan meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, rasa persaudaraan, jiwa persatuan dan kesatuan.

    “Tujuannya meningkatkan keyakinan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, maupun membina mental dan kepercayaan diri, kedisiplinan, menanamkan semangat dan kecintaan pada tanah air serta menumbuhkan kesadaran untuk berkarya dan berbakti,” pungkasnya.

    (ar/beritasampit.co.id)

    Editor: FAHRIZAL