Kontingen Katingan Harus Berikan Prestasi Terbaik di Ajang Festival Tandak Intan Kaharingan Tingkat Provinsi

    KASONGAN – Wakil Bupati Katingan Sunardi NT Litang melepas kontingen Festival Tandak Intan Kaharingam (FTIK) ke IX tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, yang akan dilaksanakan di Tamiyang Layang, Kabupaten Barito Timur pada 28 – 29 November 2018.

    Pelepasan kontingen sebanyak 148 orang peserta yang terdiri dari 104 orang peserta, 14 official dan 30 pendamping, di halaman kantor Setda katingan, Senin (26/11/218).

    Turut hadir Sekda Katingan, sejumlah Forkompinda Katingan, Kepala Kemenag Katingan, Ketua LPT-IK Katingan, FKUB Katingan, Pengurus Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan Katingan, para Asisten dan staf ahli Bupati, serta seluruh kontingen pestival tandak intan kaharingan ke IX Katingan.

    Dalam kesempatan tersebut, Sunardi mengajak dan mengingatkan seluruh kontingen agar memiliki motivasi atapun semangat untuk memberikan prestasi terbaik untuk mengharuskan nama Katingan di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

    “Saya ucapkan selamat berjuangan, berikan prestasi terbaik bagi Katingan dan semoga seluruh kontingen selalu diberikan kesehatan dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan lomba dan kembali ke katingan dengan sebuah prestasi yang patut dibanggakan,” ujarnya.

    Lanjut dia, walaupun dalam kegiatan ini keterbatasan dana, tapi hendaknya hal tersebut kontingen katingan harus tetap menunjukan semangatnya. Kemudian, diharapkan agar perlombaan ini bisa turut serta dalam memajukan pembangunan keagamaan di Katingan khusus yang agama Kaharingan.

    “Perlombaan hakikatnya bukan hanya mencari siapa yang paling hebat, siapa juara. Tetapi terlepas dari itu, sebetulnya perlombaan itu adalah ajang ujian tentang apa yang sudah kita lakukan selama dilakukan. Sehingga, pembinaan apa saja yang sudah dilakukan di daerah kita, disanalah tempat mengujinya dalam perlombaan. Saya tau selama ini pestival tandak intan kaharingan. Katingan hampir selalu mendapatkan juara umum dan ini harus kita pertahankan,” pungkasnya

    Sementara itu, Sarnadi D Uga ST, selalu Ketua Lembaga pengembangan tandak intan kaharingan (LPT-IK) Katingan melaporkan, peserta yang berangkatkan berjumlah 148 orang peserta yang terdiri dari 104 orang peserta, 14 official, dan 30 pendamping.

    “Kegiatan festival tandak intan kaharingan ke IX tingkat Provinsi Kalimantan Tengah ini dilaksanakan di Tamiyang Layang, Kabupaten Barito Utara yag dimulai pada 26-30 Nopember 2018. Kontingen Katingan dalam hal ini semua mengikuti jenis lomba yaitu sebanyak sepuluh lomba yang dipertandingkan,” ucapnya.

    Sepuluh lomba tersebut yakni, kandayu beregu dan perorangan (kidung rohani), tandak (manandak), pembacaan Kitab Suci Panaturan dan penerjemahannya, penyampaian pandehen (siraman rohani), cerdas cermat.

    Kemudian, tarian bernapaskan agama Hindu Kaharingan, karungut bernapaskan Hindu Kaharingan, vokal group lagu rohani bernapaskan Hindu Kaharingan, menyiapkan sarana dan prasarana basarah, dan karnaval.

    “Peserta yang diberangkat ini hasil dari seleksi pestival tandak intan kaharingan tingkat kabupaten katingan yang dilaksanakan di Tumbang Sanamang pada waktu lalu,” ujarnya.

    (ar/beritasampit.co.id)

    Editor : Irfan