Hasil Tangkapan Melimpah, Masyarakat Pantai Lunci Gelar Syukuran Laut

    Editor: A Uga Gara

    SUKAMARA – Hasil tangkapan yang terus melimpah di Kecamatan Pantai Lunci menjadi anugrah tersendiri bagi masyarakat. Sebagai ungkapan rasa terimakasih kepada Tuhan, dilaksanakan Syukuran Laut oleh masyarakat setempat.

    Kegiatan syukuran laut ke 9 Tahun 2018 di Kecamatan Pantai Lunci diawali dengan proses ritual tampung tawar yang dilakukan oleh Bupati Sukamara, Windu Subagio dan seluruh rombongan dan dilanjutkan dengan pembacaan doa selamat diatas kapal nelayan.

    Usai prosesi berdoa dilaut, Windu Subagio mengatakan syukuran laut merupakan ungkapan syukur masyarakat atas melimpahnya hasil tangkapan selama setahun, selain itu jika dikelola dengan baik kegiatan yang memiliki nilai ekonomi dan nilai wisata dapat menjadi penggerak perekonomian di Kecamatan Pantai Lunci.

    “Dengan kegiatan ini kita harapkan pariwisata bisa hidup yang akhirnya bisa membangkitkan perekonomian masyarakat di Pantai Lunci,” ujar Windu, Sabtu (29/12/2018).

    Menurutnya, dengan digelarnya syukuran laut setiap tahun bukan berarti masyarakat bisa mengambil hasil laut dengan sesuka hati tanpa memikirkan kelestarian laut, namun rasa syukur itu bisa diperlihatkan dengan tetap menjaga kelestarian laut dengan tidak merusak dan mencemari laut.

    “Kita juga harus menjaga laut agar tetap memberikan hasil yang melimpah setiap tahun, dengan terjaganya laut maka ikan-ikan juga akan tetap bisa dinikmati hingga anak cucu kita nanti,” tukas Windu.

    (enn/beritasampit.co.id)