Bahaya Merokok, SMPN 4 Katingan Kuala Ajak Siswa Belajar di Puskesmas

    KASONGAN – Belajar tidak hanya di kelas. Belajar dapat dilakukan dimana saja. Hal itu lah yang dilakukan siang tadi, (Rabu,13/02/2019) oleh sejumlah siswa SMPN 4 Katingan Kuala dengan mengunjungi UPTD Puskesmas Pegatan II dalam rangka belajar.

    Kunjungan yang dilakukan para pelajar ini untuk lebih mengenal pola hidup sehat, salah satunya tentang bahaya rokok. Seperti diketahui merokok dapat merusak kesehatan.

    “Kami tadi siang mengajak siswa kelas VIII berkunjung ku Puskesmas untuk belajar tentang bahaya rokok,” cerita Umi Salamah guru IPA SMPN 4 Katingan Kuala kepada beritasampit.co.id.

    Selain itu menurut Umi yang juga pembina kesiswaan ini, alasan mengapa puskesmas menjadi wadah tujuan belajar para peserta didik sebab menurutnya, puskesmas merupakan wadah berkumpunya para ahli kesehatan. Ada dokter, perawat, ahli gizi dan bidan. Sehingga, ketika siswa penasaran terhadap permasalahan rokok dan kesehatan bisa dijawab secara ilmiah oleh petugas kesehatan.

    “Saya mengajak mereka belajar tentang bahaya rokok kepada petugas puskesmas, supaya anak belajar langsung pada ahlinya. Jadi, siswa dapat jawaban dan uraian materi yang rinci tentang bahaya rokok,” jelas Umi.

    Ditempat yang lain, Kepala SMPN 4 Katingan Kuala, Anis Romzi S Pd.I menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu realisasi dari MOU antara SMPN 4 Katingan Kuala dengan Puskesmas Pegatan II.

    “Dua lembaga ini sepakat bermitra untuk meningkatkan kemajuan sektor kesehatan dengan target sasaran lingkungan sekolah dan siswa,” jelasnya menutup perbincangan dengan redaksi beritasampit.co.id siang tadi.

    (Maulana.Kawit/Beritasampit.co.id)