Luar Biasa! Kabupaten Barito Utara Jadi Contoh Bagi DPRD di Kalsel, Tentang Apa Ya?

Ist/BS - Foto bersama Komisi II DPRD Kabupaten Balangan Kalsel dengan pemerintah Kabupaten Barito Utara.

MUARA TEWEH – Nampaknya, Pemerintah di Kabupaten Barito Utara menjadi contoh untuk daerah lain, terutama bagi daerah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Sebab, Komisi II DPRD Kabupaten Balangan Kalsel berkunjung untuk melakukan studi banding ke Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Rabu, 22 Januari 2020.

DPRD Balangan menilai Barito Utara sangat layak untuk dikunjungi dalam rangka studi tiru soal pengelolaan keuangan desa, “Kami ingin banyak belajar kaji banding, dalam hal pengelolaan keuangan desa,” kata Ketua Komisi II DPRD Balangan M Riskan.

Kunjungan rombongan DPRD Balangan yang berjumlah sepuluh orang itu diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Utara, Ir H Jainal Abidin, Dinas Sosial PMD, Inspektorat, Sekretariat DPRD Barito Utara di Kantor Bupati Barito Utara.

Dalam kunjungan tersebut, Sekretaris Daerah Barito Utara memaparkan gambaran umum terkait pengelolaan keuangan desa yang intinya, relatif sama dan masih seputar soal air bersih, listrik dan juga jalan desa.

“Perlu kami informasikan terkait dengan pengelolaan keuangan desa, sejak tahun 2016 sudah menggunakan aplikasi Siskeudes, baik dalam perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan hingga pertanggungjawaban keuangan desa,” papar H Jainal.

Kunjungan diawal tahun 2020 ini juga diisi dengan pemaparan tentang Pengelolaan Dana Desa, yang langsung disampaikan oleh perwakilan Kepala Dinas Sosial PMD, setelah itu diisi dengan diskusi dan penyerahan cinderamata.

(Shp/beritasampit.co.id)