Pimpin Musrenbang di Sanaman Mantikei, Ini Harapan Wabup Katingan

MUSRENBANG: IST/BS - Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang saat memimpin pelaksanaan Musrenbang RKDP di Kecamatan Sanaman Mantikei, Senin (10/2/2020).

KASONGAN – Wakil Bupati Katingan, Sunardi N.T Litang memimpin langsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKDP) Kabupaten Katingan tingkat Kecamatan di Kecamatan Sanaman Mantikei, pada Senin 10 Februari 2020.

Turut hadir Camat Sanaman Mantikei, Kapolsek Sanaman Mantikei, Danramil, perwakilan DPRD Katingan, perwakilan Bappelitbang Katingan, sejumlah SOPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda.

Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan di Kabupaten Katingan tahun anggaran 2021 ini , Wakil Bupati Sunardi N.T Litang memimpin di zona 2 yang meliputi wilayah Kecamatan Kamipang, Kecamatan Katingan Kuala, dan Kecamatan Mendawai, mulai Senin 10 – 12 Februari 2020.

Dalam kesempatan itu, Sunardi mengatakan, bahwa Musrenbang yang dilakukan sekarang ini merupakan salah satu tahapan proses perencanaan pembangunan sebagaimana yang diamanatkan oleh undang-undang nomor 25 tahun 2014, tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi rancangan peraturan daerah , yakni tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan menengah daerah, serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, dan rencana kerja pemerintah daerah.

BACA JUGA:   120 Orang Duta Genre Dikukuhkan, Pj Bupati Katingan Sampaikan Pesan Ini

“Kita harapkan kegiatan ini dapat masukan dan informasi sekaligus menyerap dan mencatat seluruh kesepakatan dari kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan ini, serta mengawalnya dalam proses forum lintas perangkat daerah, Musrenbang tingkat Kabupaten serta pembahasan RAPBD di DPRD nantinya,” ucap Sunardi.

Sehingga menurutnya, tujuan yang ingin dicapai melalui pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan ini dapat terwujud dengan baik. “Besar harapan saya pelaksanaan Musrenbang ini dapat bermakna bagi kita semua dan mampu menghasilkan usulan kegiatan prioritas yang dapat memecah persoalan yang dihadapi seluruh lapisan masyarakat, dan juga menjadi tolak ukur kesuksesan pembangunan di Kabupaten Katingan,” terang Sunardi.

BACA JUGA:   Dishut Kalteng Peringati Hari Bakti Rimbawan ke-41: Peran Rimbawan dalam Pemanfaatan SDA, Bersatu dalam Merawat Lingkungan

Oleh sebab itulah, kegiatan ini sangat penting dan strategis, karena disamping untuk menjaring aspirasi masyarakat di wilayah kecamatan, juga untuk menghasilkan kesepakatan yang sangat fundamental dalam usulan prioritas kecamatan sebagai bahan dalam penyususnan RKPD tahun anggaran 2021 yang akan menjadi rujukan dalam penyusunan KUA PPAS dan RAPBD Kabupaten Katingan tahun anggaran 2021.
(nas/beritasampit.co.id)