Harapkan Akses Perbatasan Diperketat guna Cegah Covid-19

dr Rosihan Anwar.

KUALA KAPUAS – Upaya antisipasi pencegahan Covid-19 oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Satgas mendapat apresiasi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas dr Rosihan Anwar.

“Saya apresiasi kepada jajaran Pemkab yang selalu berupaya dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19,” katanya, Kamis (2/4/2020).

Politisi PKS ini pun juga mengingatkan Pemkab dalam hal ini Satgas Covid-19 agar memperketat mobilisasi masyarakat yang masuk ke wilayah Kapuas, terutama pada titik perbatasan Kapuas dengan wilayah lain.

“Saya menyarankan agar dua pintu masuk Kabupaten Kapuas yaitu Anjir Serapat Km 14 dan Basarang berbatasan dengan Kabupaten Pulpis, di sana harus dibuatkan gerbang disinfektan untuk kendaraan roda empat dan roda dua yang melintas,” ucap Rosihan.

Menurutnya, pada saat ini banyak para tenaga kerja dan mahasiswa dari pulau Jawa maupun luar negeri yang dipulangkan ke daerah asalnya. Tak menutup kemungkinan diantaranya juga kembali ke Kapuas sebagai daerah asalnya.

“Mungkin nanti Dinas Kesehatan bisa berkoordinasi dengan Disnaker, tolong didata apakah juga ada warga Kapuas yang bekerja di luar negeri,” ujar Rosihan.

Kemudian wakil rakyat asal dartah pemilihan (dapil) 1 meliputi Kecamatan Selat ini melanjutkan, bahwa langkah itu dilakukan sebagai deteksi dini potensi penyebaran Covid-19 warga dari luar daerah. 

“Tak kalah penting self monitoring, orang yang masuk tanpa gejala agar mengkarantinakan diri sendiri di dalam rumah selama 14 hari,” kata Rosihan.

“Antisipasi ini agar Kabupaten Kapuas tidak sampai menjadi zona merah. Kita harus pertahankan,” tambahnya.

(irfan/beritasampit.co.id)