Di Luar Pulau Para Mahasiswa Asal Kalteng Raih Prestasi Membanggakan

IST/BERITA SAMPIT - Salah satu atraksi mahasiswa yang tergabung dalam HMPKT Malang Raya.

PALANGKA RAYA – Kegiatan mahasiswa Kalimantan Tengah (Kalteng) yang berada di wilayah Jawa Tengah mendapatkan penghargaan dalam bidang aktifitas. Himpunan Mahasiswa Kalimantan Tengah (HMPKT) Malang Raya, menjadi juara umum Kampung Budaya UB 2020.

Prestasi ini yang ketiga kalinya HMPKT meraih prestasi di ajang perlombaan Kampung Budaya UB 2020 sebagai juara umum. HMPKT Malang Raya meraih kemenangan juara 1 kategori lomba fashion show maskot dan kategori video kreatif meraih juara 3.

Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 19 September 2020 hingga 7 November 2020, dimana diikuti oleh 27 peserta forda (Forum Daerah) provinsi, kabupaten, dan kota se-Indonesia yang berada di Malang. Acara ini telah dilaksanakan selama 7 tahun berturut-turut terbukti dengan jumlah pengunjung mencapai 14.000 orang pada kampung budaya 2019, maka tidak heran bila kegiatan perlombaan budaya ini termasuk acara yang bergengsi bagi Forda di Malang Raya, salah satunya mahasiswa Kalteng.

BACA JUGA:   Pengukuhan TGD Bisnis dan HAM Guna Meningkatkan P5HAM

Beberapa kategori lomba yang dilaksanakan pada kampung budaya UB 2020 ini terdiri dari lomba fotografi, video teaser, fashion show baju adat, fashion show maskot, video kreatif, dan ilustrasi.

Sebelumnya HMPKT Malang Raya telah meraih juara umum kampung budaya UB pada tahun 2017 dan 2018. Ini merupakan salah satu prestasi yang luar biasa dalam bidang budaya yang tujuannya adalah untuk mengenalkan budaya Kalteng ke masyarakat umum yang khususnya berada di Malang.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dan dukungannya kepada seluruh mahasiswa Kalimantan Tengah yang berada di Malang serta seluruh masyarakat Kalimantan Tengah yang turut mendukung HMPKT Malang Raya dalam kegiatan ini. Alhamdulilah pada tahun ini kita bisa kembali menjuarai kampung budaya UB 2020,” tutur Ketua HMPKT Malang Raya, Rahmansyah, Senin 9 November 2020.

BACA JUGA:   Kedaulatan Pangan Harus Dimulai Dari Swasembada Pangan

Dalam rilis yang diterima wartawan, para mahasiswa ini berharap selain ingin mengenalkan daerah asal Kalteng kepada masyarakat luas, Pemerintah Daerah Kalteng dapat memberikan dukungannya agar mahasiswa bisa terus berkreasi untuk mengharumkan nama baik Provinsi Kalteng.

“Ini prestasi yang ketiga kali meraih juara dan juara umum. Maka sudah sepatutnya hal ini menjadi sebuah perhatian serta dukungan khusus dari pemerintah daerah Kalimantan Tengah untuk mahasiswa Kalimantan Tengah yang sedang berada di Malang, dalam meningkatkan kreatifitas budaya Kalteng di tingkat nasional melalui budaya,” ucap Rahmansyah. (Hardi/beritasampit.co.id).