Petani Padi Desa Rawa Sari Tanam 4 Varietas Unggul Nasional

SUBUR : IST/BERITA SAMPIT - Lahan pertanian di Desa Rawa Sari, Kecamatan Pulau Hanaut, Kotim, Kalteng, sangatlah subur, nampak padi usia 15 hari terlihat menghijau. 

SAMPIT – Petani padi di Desa Rawa Sari, Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), pada saat masa tanam Oktober-Maret (Okmar) memilih varietas unggul nasional. Ada 4 varietas unggul yang sudah ditanam yakni, melati, ciherang, inpari dan IR 64.

“Empat varietas itu merupakan unggul nasional dan bibitnya sudah ditanam di atas lahan sekitar 60 hektare,” ucap Kepala Desa Rawa Sari Sigit Pranoto melalui rilis yang diterima redaksi beritasampit.co.id, Minggu 17 Januari 2021.

BACA JUGA:   Warga Desa Rawa Sari Usulkan 85 Poin Pembangunan, Kades: Semua Akan Diperjuangkan

Menurutnya, penanaman padi unggul nasional itu kedepannya Desa Rawa Sari sebagai lumbung pangan 2021. Hal itupun, lanjutnya, berkaitan dengan salah satu program Dinas Ketahanan Pangan Kotim.

Disamping itu, tambah Sigit, Dinas Pertanian Kotim juga siap membantu terutama untuk perluasan cetak sawah yang direncanakan seluas 100 hektare.

“Mayoritas penduduk Desa Rawa Sari berprofesi sebagai petani dan pekebun, semoga bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kotim perluasan lahan pertanian sawah bisa meningkatkan produktifitas petani Desa Rawa Sari sehinga, desa yang berada di wilayah utara Pulau Hamaut ini bisa melaksanakan program swasembada pangan,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Berikan Contoh, Kades Rawa Sari Perdana Disuntik Vaksinasi

(ifin/beritasampit.co.id)