Kantor Pos Lamandau Optimalkan Penyaluran BST Tahun 2021

IST/BERITA SAMPIT - Kepala PT Pos Indonesia Cabang Lamandau, Kriswanti bersama pihak Dinas Sosial Lamandau dan juga anggota TNI saat mendatangi langsung dan mengantar BST kepada keluarga penerima manfaat di Desa Mengkalang.

NANGA BULIK – Kantor Pos Lamandau telah mengoptimalkan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial (Kemensos) tahun 2021 dengan melakukan berbagai upaya hingga sampai kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Penyulutan BST ini dimulai pada 8 Januari 2021 lalu. Sekarang sudah memasuki tahap kedua yang mulai disalurkan pada Selasa, 9 Februari 2021 kemarin.

“Penyaluran BST tahap lanjutan ini dapat berjalan dengan baik dan tuntas sesuai target yang telah ditetapkan pemerintah, dengan terus mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki, langsung ke desa-desa, serta memperluas kerja sama komunitas di daerah,” jelas Kepala PT Pos Indonesia Cabang Lamandau, Kriswanti, Jumat 19 Februari 2021.

Kriswanti menjelaskan, bahwa penyaluran BST tersebut akan dilaksanakan selama empat bulan dari Januari hingga April 2021 dengan nilai bantuan sebesar Rp 300.000 per KPM.

BACA JUGA:   Abdul Razak Angkat Bicara Tentang Pertemuannya dengan Nadalsyah

Sementara itu, dikatakan Kriswanti, bahwa kendala penyaluran di Kabupaten Lamandau adalah akses jalan dan juga komunikasi untuk mencapai suatu desa, karena masih terdapat area Blank Spot untuk berkomunikasi dan juga input data saat di lokasi desa.

“Kita harus melewati akses sungai dan darat untuk mencapai desa, dan masih banyak area desa blank spot juga, dan Alhamdulillah, semua BST sudah tersalurkan semua,” ucapnya.

Selain itu, Kriswanti juga telah menjalin koordinasi dengan Pemerintah Daerah, juga Kepala Desa di Lamandau untuk komunitas bekerjasama menyalurkan Bansos. Petugas pos akan mendatangi langsung dan mengantar BST kepada KPM.

BACA JUGA:   Sengketa Lahan Hokim dan Alvin, Yansen Binti: Semua Pihak Diharapkan Menahan Diri

Kriswanti mengungkap, BST tahap 1 tahun 2021 telah disalurkan ke 3.369 KK (Kepala Keluarga) di delapan Kecamatan. Data Kecamatan Bulik 1.132 KK, Kecamatan Sematu Jaya 373, Kecamatan Bulik Timur 323, Kecamatan Menthobi Raya 230, Kecamatan Batang Kawa 114, Kecamatan Delang 147, Kecamatan Lamandau 590, Kecamatan Belantikan 260, termasuk juga wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) yang terkenal sulit untuk disentuh karena keterbatasan sarana transportasi dan cuaca untuk menuju ke sana.

“Alhamdulillah dengan jumlah yang masif tersebut kita sudah menyalurkan bantuan sosial tunai tahap 1 tahun 2021, sudah tercapai, dan untuk tahap kedua hanya tinggal Kecamatan Bulik Timur yang sedang dalam proses,” jelasnya. (Andre/beritasampit.co.id)