Kegiatan OPAL, Empat Kelurahan di Barito Utara Terima Bibit Sayuran

Kepala DKPP Barito Utara, Sugeng (kedua kanan), usai menyerahkan bantuan bibit tanaman kepada empat Lurah di Kecamatan Teweh Tengah dan Teweh Baru, di halaman Dinas KPP setempat di Muara Teweh, Kamis 20 Mei 2021.//IST_Antara/ft-Dinas KPP Barito Utara;

MUARA TEWEH – Empat kelurahan di Kabupaten Barito Utara menerim bibit sayuran untuk kegiatan Obor Pangan Lestari (OPAL).

Sedikitnya 1.000 bibit tanaman sayuran diserahkan Pemerintah Kabupaten Barito Utara, melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) setempat kepada Lurah Lanjas, Lurah Melayu Kecamatan Teweh Tengah serta Lurah Jingah dan Lurah Jambu Kecamatan Teweh Baru.

“Bantuan bibit kali ini sebanyak 1.000 bibit terdiri dari cabe rawi dan tomat yang dibagikan pada empat kelurahan yaitu Kelurahan Lanjas, Melayu, Jambu dan Kelurahan Jingah,” kata Kepala DKPP Barito Utara, Sugeng, di sela-sela menyerahkan bibit di Muara Teweh, Kamis 20 Mei 2021.

Menurut dia, selama ini cabe rawit merupakan komoditas bahan pangan yang rawan mengalami kenaikan harga di saat permintaan masyarakat tinggi.

“Diharapkan dengan menanam satu sampai dua polibag cabe rawit di masing-masing pekarangan rumah, masyarakat tidak tergantung pada ketersediaan pasokan cabe rawit di pasar dan laju inflasi dapat teratasi,” katanya. Dilansir Antara.

Sugeng mengatakan, tujuan dari kegiatan OPAL yaitu pemanfaatan lahan perkantoran untuk penyediaan pangan dan gizi. Kemudian sebagai sarana percontohan dan pembelajaran untuk masyarakat dalam pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga dengan menanam sayuran yang beragam, bergizi dan aman.

Kegiatan ini, menurutnya, juga sebagai promosi penganekaragaman konsumsi pangan dalam rangka pemenuhan gizi masyarakat di daerah ini.Selain menanam berbagai sayuran, OPAL juga memberikan bantuan berupa aneka bibit sayuran kepada kelompok wanita tani maupun masyarakat.

“Bantuan yang kita serahkan ini merupakan bantuan yang keempat kalinya, tujuannya untuk memberikan dukungan dan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan menjadi lebih produktif dengan menanam berbagai macam sayuran sebagai sumber pangan dan gizi keluarga dan bila hasilnya berlebih dapat dipasarkan untuk peningkatan pendapatan keluarga,” kata dia.

Sementara Lurah Melayu Reddy Wahyu Nugraha,saat  menerima bibit bantuan dari Dinas KPP tersebut mengatakan, Kelurahan Melayu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas KPP yang telah menyerahkan bantuan sebanyak 250 bibit tomat dan cabe untuk kelompok Tani di empat Kelurahan, Melayu, Lanjas, Jambu dan Jingah.

“Semoga dengan adanya bantuan ini bisa membantu pengadaan bahan pangan di lingkungan masyarakat serta dapat menstimulus masyarakat untuk giat bertanam bahan pokok makanan yang dimulai dari pekarangan perumahan,” kata Redy.

Empat Kelurahan di daerah ini menjadi percontohan, diharapkan program ini berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

“Terima kasih untuk Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Barito Utara,” tutup Redy.

(BS-65/beritasampit.co.id)