BMKG : Masuki Musim Kemarau, Waspada Karhutla

IST/BERITA SAMPIT - Nampak proses pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan.

PALANGKA RAYA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengingatkan kepada masyarakat untuk waspada terhadap potensi Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) di sejumlah wilayah.

Menurut Prakirawan BMKG Palangka Raya Chandra Mukti Wijaya mengungkapkan bahwa, sebagian wilayah yang ada di Provinsi Kalteng akan memasuki musim kemarau pada bulan Juni dan Juli.

BACA JUGA:   Flamboyan Bawah Palangka Raya Banjir, Warga Harapkan Bantuan dari Pemerintah

“Menjelang awal musim kemarau juga, maka perlu diwaspadai potensi yang bisa terjadi di wilayah lain seperti karhutla. Sedangkan untuk puncak musim kemarau pada umumnya di prediksi pada Bulan Agustus 2021 mendatang,” terang Chandra Mukti Wijaya kepada Berita Sampit. Kamis 3 Juni 2021.

Pihaknya mengimbau para pemangku kepentingan dan masyarakat untuk tetap mewaspadai wilayah-wilayah yang akan mengalami musim kemarau lebih awal.

BACA JUGA:   Pj Wali Kota Palangka Raya Berikan Hibah untuk Masjid Agung Kecubung Darurrahman

“Masyarakat diharapkan untuk lebih siap dan antisipatif terhadap kemungkinan dampak musim kemarau terutama di wilayah yang rentan terhadap bencana kekeringan meteorologis, kebakaran hutan dan lahan, dan ketersediaan air bersih,”imbau BMKG.

(M.Slh/Beritasampit.co.id)