Seekor Buaya Berukuran 3 Meter Muncul di Sungai Depan Ikon Jelawat Sampit

IST/BERITA SAMPIT - Tampak seekor buaya berukuran cukup besar mucul berenang di tengah sungai mentaya, disekitar kawasan wisata Ikon Jelawat Sampit, Sabtu 31 Juli 2021.

SAMPIT – Seekor buaya berukuran cukup besar sekitar 3 meter lebih, muncul di daerah aliran sungai (DAS) mentaya di sekitar obyek wisata Ikon Jelawat Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Sabtu 31 Juli 2021, sekitar pukul 12.30 Wib siang.

Kemunculan hewan buas tersebut sontak saja membuat warga geger, sebab baru kali mereka melihat buaya besar berenang di pingiiran sungai kota Sampit.

Dari video amatir milik seorang warga yang sempat mengabadikan kemunculan buaya tersebut, sangat jelas hewan itu cukup besar dan berenang menuju ke wilayah hulu.

BACA JUGA:   Camat Seranau Ajak Warga Lebih Hati-Hati Beraktivitas di Sungai

Sementara itu, Komandan Pos Jaga BKSDA Sampit Kalimantan Tengah, Muriansyah, membenarkan adanya laporan kemunculan buaya tersebut, dan selanjutkan akan melakukan observasi di sekitar kemunculan buaya.

“Buaya cukup besar, kalau dilihat berukuran diatas 3 meter,”kata Muri, kepada media ini, Sabtu 31 Juli 2021.

Dengan ukuran buaya yang cukup besar, dirinya mengimbau pada masyarakat yang tinggal di bantaran sungai mentaya agar berhati-hati melakukan aktivitas, terutama pada subuh, sore dan malam hari.

BACA JUGA:   Desa Bapinang Hilir Laut Mulai Dibangun Tower Jaringan

“Buaya sangat aktif mencari makan pada malam dan subuh. Melihat ukurannya cukup besar, saya mengajak masyarakat bisa mengurangi kegiatan disekitar pinggir sungai,”ucapnya.

Ia juga kembali mengingatkan kepada warga agar tidak memelihara hewan ternak seperti unggas di dekat sungai, jangan membuang sampah rumah tangga, terutama bangkai hewan. Karena bisa mengundang datangnya buaya.

(Cha/beritasampit.co.id)