Bupati Bima Ungkap Kunci Keberhasilan Capaian RPJMD, Simak Ini

IST/BERITA SAMPIT - Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE.

BIMA – Bupati Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE menghadiri Rapat Paripurna ke 7 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bima, yang digelar di ruang sidang utama kantor DPRD setempat, Selasa 5 Oktober 2021.

Agenda rapat paripurna tersebut, yaitu penyampaian laporan Pansus dan pendapat akhir Kepala Daerah atas penetapan rancangan peraturan daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bima tahun 2021-2026.

Bupati Bima Indah Dhamayanti Putri menyampaikan, penyusunan rancangan RPJMD tersebut telah melewati sejumlah tahapan penting, antara lain penyusunan rancangan teknokratik, rancangan awal RPJMD, konsultasi dengan pemerintahan atasan dan Musrenbang RPJMD.

“Tahapan lain yang sudah lewati yaitu pembahasan bersama eksekutif dan legislatif serta evaluasi di tingkat provinsi,” katanya melalui rilis yang diterima.

Pada intinya, jelas IDP, dokumen RPJMD tersebut mencakup permasalahan dan isu-isu strategis daerah, perumusan strategi untuk mencapai tujuan dan sasaran pembangunan, program prioritas dalam pencapaian visi dan misi daerah serta indikator kinerja daerah sebagai gambaran ukuran keberhasilan pencapaian visi dan misi Kepala Daerah 5 tahun ke depan.

“Rancangan RPJMD tersebut juga telah dipadukan dengan rencana pembangunan jangka menengah nasional dan rencana pembangunan menengah daerah provinsi,” ungkap Bupati Bima dua periode ini.

IDP menerangkan, bahwa terkait pendekatan guna pemenuhan dan penanganan isu-isu strategis tersebut dilakukan dengan pola pembangunan, dengan pendekatan yang berbasis kawasan. “Tentu dengan tetap mengedepankan keseimbangan pembangunan antar wilayah sesuai dengan potensi, kondisi sosial budaya dan geografis wilayah,” pungkas dia.

“Kunci keberhasilan penjabaran RPJMD antara lain pentingnya sinergitas para pemangku kepentingan, utamanya antara eksekutif dan legislatif dalam merumuskan berbagai kebijakan pembangunan dan kebijakan anggaran daerah,” tutupnya.

Perlu diketahui, sebelumnya, agenda yang juga dilaksanakan pada rapat paripurna tersebut yaitu penyampaian laporan Pansus yang dibacakan oleh Juru Bicara Pansus Edy Muhlis, S.Sos.

Rapat Paripurna ini dipimpin oleh Wakil Ketua  DPRD Kabupaten Bima, Yasin, S.Pdi dan dihadiri juga unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bima, Staf Ahli Bupati, Asisten, Inspektur, Kepala Perangkat daerah dan Kabag lingkup Sekretariat Daerah. (Nain/beritasampit.co.id).