Persiapan Daerah Gerbang Ibu Kota Negara Baru, Kalsel Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor melakukan panen cabai hiyung di Kabupaten Tapin, Kalsel (ANTARA/HO-Humas Pemprov Kalsel)

BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) terus meningkatkan produktivitas pertanian untuk mendukung stabilitas pangan nasional sekaligus dalam rangka persiapan daerah sebagai gerbang ibu kota negara baru.

Menurut Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, upaya peningkatan produktivitas pangan tersebut antara lain dengan mendorong perluasan lahan tanam dan mendorong petani agar bisa panen dua kali. Pemprov Kalsel juga memberikan bantuan benih padi dan pupuk.

Saat kunjungan kerja dan menghadiri panen Cabai Hiyung di Kabupaten Tapain, Gubernur Sahbirin Noor menyerahkan bantuan tersebut kepada petani setempat.

BACA JUGA:   Hulu Sungai Tengah Kalsel Tetapkan Status Siaga Bencana

Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Provinsi Kalsel Syamsir Rahman mengatakan Gubernur menyerahkan benih padi untuk lahan seluas 1.594 hektare senilai Rp 391 juta.

Selain itu, benih jagung untuk 1.090 hektare senilai Rp 609 juta dan tiga unit power threser senilai Rp 32 juta.

Untuk mendukung pengembangan bawang merah, Pemprov juga membantu penangkaran bawang merah seluas dua hektare senilai Rp 106 juta dan satu rumah higienis senilai Rp 135 juta.

BACA JUGA:   Sebanyak 142 Warga Mengungsi dari Banjir di Hulu Sungai Tengah Kalsel

Menurut dia, potensi sektor pertanian Tapin cukup besar untuk lebih dikembangkan, bukan hanya padi, tetapi juga komoditas lainnya.

Tapin juga mempunyai Cabai Hiyung yang mempunyai keunggulan jika dibandingkan dengan cabai varietas lain. Cabai Hiyung memiliki tingkat kepedasan 17 kali dibandingkan cabai pada umumnya. (Antara/beritasampit.co.id).