Peringati Sumpah Pemuda, Mukhtarudin: Hindari Benih-benih Perpecahan, Mari Bersatu dan Berkarya!

Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar Mukhtarudin. (dok: pribadi)

JAKARTA– Dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda yang jatuh hari ini 28 Oktober 2021. Anggota DPR RI dari fraksi Golkar, Mukhtarudin menegaskan kembali komitmen para pemuda yang diikrarkan pada 93 tahun lalu.

“Komitmen itu merupakan ikrar kebangsaan yang mendobrak sekat-sekat primordialisme, dan menuntut kesadaran kolektif kita” tutur Mukhtarudin, Kamis, (28/10/2021).

Mesti pandemi Covid-19 belum berakhir, politisi Golkar Dapil Kalimantan Tengah ini mengajak semua pihak untuk bangkit bersatu dalam bingkai NKRI.

Sebagaimana pandangan Bung Karno, bahwa frase “dari Sabang sampai Merauke” bukanlah rangkaian kata- kata yang sekedar merepresentasikan entitas geografi.

BACA JUGA:   Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Biodiesel PT Jhonlin Agro Raya di Kalimantan Selatan

Namun, menurut Mukhtarudin melainkan satu entitas kebangsaan, satu entitas kenegaraan, satu kesatuan tekad, satu kesatuan ideologi, dan satu kesatuan cita-cita sosial yang hidup dalam gelora semangat kebangsaan dalam membangun peradaban.

“Bung Karno juga yang menyampaikan pesan, “Jangan mewarisi abu sumpah pemuda tapi warisilah api sumpah pemuda’. Saya kira pesan ini sangat mendalam khususnya bagi generasi muda Indonesia,” tandas Mukhtarudin.

Mukhtarudin bilang kaum milenial harus mampu meneruskan semangat Sampah Pemuda, guna memperkuat kesadaran kebangsaan dan memperteguh persatuan Indonesia.

BACA JUGA:   DPD RI Perlu Diperkuat Melalui Amendemen Konstitusi

Untuk itu, pria kelahiran Pangkalan Bun Kalteng ini mengajak semua pihak merajut kembali solidaritas antar anak bangsa, karena akhir akhir ini banyak peristiwa ujaran kebencian ataupun event-event politik yang mengarah dan bisa memicu keterbelahan di tengah masyarakat.

“Mari kita semua untuk menyetop segala bentuk perdebatan yang mengarah pada perpecahan. Dan sudah saatnya untuk melangkah ke tujuan lain yang lebih besar, yakni mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” pungkas Mukhtarudin.

(dis/beritasampit.co.id)