Pengamanan Sejumlah Gereja di Palangka Raya Diperketat

IST/BERITA SAMPIT - Petugas saat meninjau tempat ibadah

PALANGKA RAYA – Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs Nanang Avianto, melalui Kabidhumas Polda Kalteng Kombes Pol K Eko Saputro menjelaskan bahwa pelaksanaan patroli skala besar guna menjamin keamanan, dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) saat perayaan Natal, menyasar ke gereja gereja di Kota Palangka Raya.

“Kegiatan patroli ini, selain untuk menjamin situasi Kamtibmas juga sekaligus memberikan support kepada personel yang melakukan pengamanan di gereja gereja yang menjadi tempat perayaan Natal,” ucapnya. Jumat 24 Desember 2021.

Eko menjelaskan, pada patroli skala besar kali ini, Kapolda beserta rombongan menyambangi sejumlah gereja diantaranya Gereja Maranatha, Gereja YHS, dan Gereja Katedral di Kota Palangka Raya.

BACA JUGA:   Himpunan Mahasiswa dan Pelajar Kalteng Malang Raya Dikukuhkan

“Mudah mudahan kegiatan patroli ini, bisa memberikan rasa aman kepada saudara kita yang akan melaksanakan misa Natal dan kebaktian Natal malam,” pungkasnya.

Diakhir kesempatan, Eko juga memberikan imbauan, kepada seluruh jemaat dan warga lainnya agar tetap mematuhi Protokol Kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Pada kesempatan itu juga Dandim 1016/Plk Kolonel Inf Rofiq Yusuf menuturkan, kegiatan tersebut juga merupakan pelaksanaan Operasi Lilin Telabang 2021, yang digelar oleh tim gabungan baik dari TNI-Polri dan instansi terkait lainnya.

“Kita laksanakan patroli pengecekan tempat-tempat ibadah, utamanya gereja dalam rangka kesiapan Natal dan Tahun Baru,” lugasnya.

BACA JUGA:   Terdampak Banjir, Warga Mendawai Harap Ada Bantuan

Adapun sasaran patroli dalam kesempatan ini yaitu di Gereja Katedral, Maranatha, HKBP, dan Yakin Hidup Sukses (YHS).

Dijelaskannya, seluruh gereja saat ini menjadi target pengamanan. Hal ini dilakukan guna memberikan rasa aman, kepada jemaat saat melaksanakan ibadah sehingga dapat merasakan beribadah dalam keadaan tenang, dan nyaman.

“Ini adalah salah satu bentuk pelayanan kami kepada masyarakat, dalam menjamin keamanan saat beribadah bagi umat kristiani,” tandasnya.

Ditambahkannya, pihaknya juga senantiasa berkoordinasi dengan pihak gereja, sekaligus menyampaikan imbauan protokol kesehatan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19, pada masa ibadah natal dan perayaan tahun baru.

(Hardi/Beritasampit.co.id)