Anggota Fraksi PDIP DPRD Kobar Mina Irawati Berharap Adanya Kenaikan Insentif Ketua RT

Mina Irawati Ahmadi Riansyah

PANGKALAN BUN- Anggota Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Mina Irawati berharap adanya kenaikan insentif untuk seluruh Ketua RT didaerah itu. Hal tersebut disampaikan saat menyampaikan pandangan umum pada Rapat Paripurna Ke 3 DPRD Kabupaten Kobar dalam Masa Sidang I, Rabu 2 Februari 2022.

Sebelumnya, Mina Irawati bersama anggota lainnya melakukan reses ke daerah pemilihan (dapil) IV. Sebagian besar ketua RT di sana mengeluhkan kecilnya dana operasional sehingga minta agar dinaikkan.

“Dalam reses beberapa waktu lalu, beberapa ketua RT telah menyampaikan dana operasional tidak sepadan dengan tanggung jawab yang dipikul. Karena itu, saya minta agar anggaran operasional disesuaikan,” kata Mina, kepada sejumlah awak media.

Seraya menambahkan, bahwa Ketua RT juga merupakan salah satu ujung tumbak pemerintah daerah, mempunyai tugas, pelayanan kepada masyarakat yang menjadi tanggungjawab Pemerintah Daerah.

“Dan memelihara kerukunan hidup warga, serta menyusun rencana dan melaksanakan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat.”, terang Mina Irawati.

Mina Irawati yang juga Istri Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah, menambahkan bahwa Ketua RT juga memiliki fungsi, yakni sebagai pengkoordinasian antar warga.

“Juga sebagai pelaksanaan dalam menjembatani hubungan antar sesama dan antar masyarakat dengan Pemerintah Daerah. Serta menangani berbagai masalah kemasyarakatan yang dihadapi warganya”, imbuh Mina.

Lanjut Mina, kenapa uang insentif seluruh Ketua RT minta dinaikan ? jawabannya, karena saat ini tugas dan tanggung jawab ketua RT cukup berat, ditambah dengan adanya pandemi Covid-19.

“Semoga usulan ini mendapat respon yang baik dari pemerintah daerah. Tentunya, penyesuaian honor ini penting sebagai wujud apresiasi atas kinerja ketua RT yang selama ini telah membantu Kobar semakin kondusif,” pungkas Mina Irawati.

(man/beritasampit.co.id)