Pemdes Didorong untuk Membentuk BUMdes sebagai Upaya Meningkatkan Perekonomian

Anggota DPRD Seruyan Masfuatun. ANTARA/Humas DPRD Seruyan

KUALA PEMBUANG – Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Masfuatun mendorong seluruh pemerintah desa (pemdes) membentuk badan usaha milik desa (BUMdes) sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat.

Menurut dia, peran BUMDes akan berpengaruh besar pada pesatnya kemajuan sektor ekonomi warga khususnya di tingkat desa. Sebab, dengan adanya hal tersebut setiap potensi ataupun produk-produk hasil industri masyarakat dapat ditampung dan dikelola bersama.

“Sudah keharusan membentuk BUMDes dan kalau sudah ada harus dikelola dengan maksimal dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,” kata Masfuatun, dikutip dari Antara, Kamis 3 Februari 2022.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

Dia menambahkan, pastinya setiap potensi yang dimiliki desa-desa itu bisa membantu dalam perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Misalnya, BUMDes di bidang pertanian, para petani akan lebih mudah menjual serta membeli hasil panen sekaligus memudahkan proses pengelolaannya.

Selain, di bidang pertanian hal tersebut juga bisa melalui sektor perikanan, maupun hasil dari industri rumah tangga dan masih banyak lagi.

“Hal demikian tentunya bisa dikelola melalui BUMDes, sehingga desa memperoleh pendapatan asli desa (PADes), sehingga dapat melaksanakan program pembangunan di desa dan pastinya masyarakat mendapatkan hal positif,” ujar Masfuatun.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

Dia menambahkan selama ini masih banyak desa di Seruyan yang belum memilik BUMDes dan banyak desa kesulitan mencari sektor apa yang bisa dikembangkan untuk menjadi usaha, makanya peran kepala desa sangat diperlukan.

“Pemdes itu harus lebih kreatif dan inovatif, karena setiap desa sudah memiliki potensi masing-masing dan untuk menggali hal tersebut harus bisa menjalin komunikasi dari semua pihak sehingga bisa dikelola dengan baik,” katanya.

(Antara/BS65)