Terhitung 7 Maret, Penerbangan Pesawat Perintis Tumbang Samba Kembali Beroperasi

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Bandara Tumbang Samba, Huntal Purba

KASONGAN – Terhitung mulai Senin, 7 Maret 2022 penerbangan perintis kembali beroperasi melayani rute Bandara Tumbang Samba, Kabupaten Katingan ke Bandara Syamsudin Noor Internasional Airport di Kalimantan Selatan.

Kepala Bandara Tumbang Samba, Huntal Purba mengatakan dua tahun terakhir pihaknya terus melakukan perbaikan sarana dan prasarana. Upaya perbaikan itu membuahkan hasil. Sehingga sampai tahun 2022, bandara Tumbang Samba sudah dinyatakan siap beroperasi.

Ia juga menyebutkan alasan rute penerbangan Tumbang Samba- Banjarmasin ini merupakan hasil evaluasi kebutuhan dan minat masyarakat. Ia juga mengakui sebelumnya bandara ini sempat kembali beroperasi dengan rute Tumbang Samba-Tjilik Riwut Palangka Raya tahun 2015 lalu.

Berjalannya waktu dengan pembangunan infrastruktur jalan darat, masyarakat jarang menggunakan pesawat dari Palangka Raya menuju Tumbang Samba maupun sebaliknya karena jalan darat teraspal semua.

“Jadi hasil evaluasi kami minat masyarakat Tumbang Samba khususnya di bidang Ekonomi cenderung banyak Ke Banjarmasin. Kalo menggunakan jalur darat perlu waktu 8-9 jam. Sedangankan kalo menggunakan pesawat hanya butuh waktu 55-60 Menit saja. Harapannya dengan rute ini bisa bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya. Selasa, 02 Maret 2022.

BACA JUGA:   Rayakan HUT Damkar dan Satlinmas, Sekda Sebut Dua Lembaga yang Berkontribusi Besar untuk Masyarakat

Penerbangan rute Banjarmasin – Tumbang Samba beroperasi setiap hari Senin, pukul 11.25 WITA – 11.30 WIB sedangkan dari  Tumbang Samba berangkat jam 11.40 WIB-14.00 WITA.

“Jadi kita ada perbedaan waktu WIB (Waktu Indonesia Barat), WITA (Waktu Indonesia bagian Tengah), WITA memiliki perbedaan waktu satu jam lebih akhir dari WIB. Misalnya di Banjarmasin pukul 11:00 WITA, maka di Tumbang Samba pukul 12:00 WIB. Jadi penerbangan yang ditempuh berkisar dalam waktu 60 menit,” imbuhnya.

Mantan Plt Manager Operasional Service PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya itu juga menyebutkan, masyarakat Tumbang Samba yang ingin membeli tiket pesawat dapat menghubungi pihaknya langsung. Ia juga mengiatkan para penumpang bisa hadir 1 jam sebelum keberangkatan.

BACA JUGA:   120 Orang Duta Genre Dikukuhkan, Pj Bupati Katingan Sampaikan Pesan Ini

“Sesuai dengan surat edaran Menteri Perhubungan bahwa penerbangan Perintis. Syarat penumpang yaitu menunjukan kartu identitas dan sudah pernah di vaksin serta tetap mematuhi protokol Kesehatan,” sebutnya.

Pihaknya berharap dukungan semua pihak agar Bandara kebanggaan masyarakat Kabupaten Katingan ini bisa terus beroperasi dan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat dan pembangunan daerah.

“Mohon dukungan dan do’anya. Senin tanggal 7 Maret kita rencanya luancing. Undangan telah kami sebar dan bagikan. Kami juga mengundang Bapak Bupati Katingan serta pihak terkait dan tokoh adat sekitar diacara tersebut,” pungkasnya.

Untuk diketahui harga tiket Banjarmasin-Tumbang Samba senilai Rp. 399.800, sedangkan Tumbang Samba- Banjarmasin Rp. 319.000 sudah termasuk subsidi pemerintah terkait pembebasan tarif pelayanan jasa penumpang pesawat udara (PJP2U).

Penerbangan ini menggunakan pesawat kecil yang dioperasikan oleh Maskapai PT. Asi Pudjiastuti Aviation (Susi Air) dengan kapasitas 12 orang.

(Kawit/Beritasampit.co.id)