Haris Anggota DPRD Barito Utara Wisuda, Sempat Dulu Kuliah Sambil Kerja

ISKANDAR: BERITA SAMPIT - Muhammad Haris Fitriady (menggunakan pakaian wisuda) saat bersama H. Abri anggota DPRD Barito Utara. Rabu 2 Maret 2022.

MUARA TEWEH – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Utara, Muhammad Haris Fitriady hadir di acara wisuda Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muara Teweh, Rabu 2 Maret 2022.

Namun kali ini kedatangan Haris berbeda, kehadirannya justru memakai pakaian lengkap toga wisuda, guna mengikuti sidang senat terbuka. Politisi termuda dari fraksi Partai Gerindra itu resmi menyandang Sarjana Ekonomi.

Sejak pagi, dimulai prosesi wisuda diikuti sebanyak 257 wisudawan maupun wisudawati, Haris tampak hangat dan khidmat, sejumlah anggota DPRD Barito Utara, keluarga, kerabat turut mengucapkan selamat atas gelar pendidikannya.

Selama dirinya kuliah, Haris dikenal memiliki semangat belajar yang tinggi, dia meniti karir pendidikan di perguruan tinggi sambil bekerja di sebuah perusahaan, sebelum menjabat sebagai wakil rakyat di Kabupaten Barito Utara.

“Banyak teman-teman saya dulu kuliah sambil bekerja dan membantu kedua orang tua di rumah, termasuk saya 2015 kuliah di sini, saya sempat bekerja di Perusahaan Pama Asmin,” ucap Haris.

Pria yang berpenampilan ramah nan kharisma itu pun mengajak masyarakat di kabupaten yang berjuluk Iya Mulik Bengkang Turun agar kuliah di Muara Teweh, menurutnya sudah ada kampus yang kualitasnya tidak kalah dengan perguruan tinggi di luar daerah.

“Masyarakat kita tidak usah jauh-jauh lagi kuliah karena di sini sudah terjamin akreditasinya bahkan dosen-dosennya pun handal tidak kalah dengan Universitas di luar Barito Utara,” jelasnya.

Pria kelahiran 1996 ini menerangkan dengan adanya perguruan tinggi di wilayah Muara Teweh para mahasiswa dapat membekali kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) serta keterampilan dalam dunia kerja.

“Kuliah di sini dapat meningkatkan SDM kita lebih meningkat, pemerintah daerah juga memberikan dukungan seperti Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian sering melakukan pelatihan kerja,” sambungnya.

Sebagai legislator muda dia bersyukur banyak dari alumni STIE Muara Teweh sudah memiliki pekerjaan, selain di berbagai perusahaan juga ada yang mengabdi sebagai abdi negara atau Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Banyak juga lulus dari STIE menjadi PNS, bahkan ada yang menjadi bos di sebuah perusahaan, pokoknya banyaklah. Jadi STIE ini sangat membantu masyarakat kita,” bebernya.

Haris berharap dengan adanya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi satu-satunya di Muara Teweh dapat memajukan Kabupaten Barito Utara.

“Harapan saya STIE Muara Teweh bisa memajukan Barito Utara lebih maju lagi, kedepannya para alumninya semakin sukses,” tutupnya.

Sidang Terbuka Senat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muara Teweh ini diselenggarakan dari berbagai angkatan, sebelumnya sempat tertunda karena pandemi Covid-19. (ISK/beritasampit.co.id).