Curah Hujan Tinggi, BPBD Banjarmasin Nyatakan Status Siaga Banjir

Kondisi hujan di Kota Banjarmasin Senin (7/3/2022). ANTARA/Sukarli)

BANJARMASIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menyatakan status siaga banjir karena curah hujan tinggi, bahkan hari ini hampir seharian hujan turun.

Kepala BPBD Kota Banjarmasin Fahruraji di Banjarmasin, Senin 7 Maret 2022, menyampaikan, hujan cukup deras melanda seluruh wilayah Kota Banjarmasin sejak subuh hingga sore ini, hampir tidak ada henti.

Hal ini, tutur dia, sesuai Info BMKG, Maret dan April curah hujan lebih tinggi dengan status siaga.

“Tentunya potensi banjir tetap ada, karenanya kita semua siaga,” ujarnya.

Kota Banjarmasin belum mencabut status siaga banjir sejak awal tahun hingga Maret ini, karena prediksi curah hujan cukup tinggi hingga April tersebut.

Untungnya, kondisi curah hujan yang tinggi hari ini tidak disertai air pasang, sebab jika demikian genangan cukup tinggi terjadi di mana-mana.

Meskipun demikian, masyarakat tetap diminta waspada, karena air kiriman dari bagian hulu Sungai Martapura, di mana Kota Banjarmasin berada paling hilir di alur sungai besar tersebut, bisa saja datang besar.

Sejauh ini dari pantauan, permukaan sungai Martapura sudah cukup tinggi, namun belum sampai meluap.

Kota Banjarmasin pada awal tahun 2021 mengalami banjir besar hampir selama satu bulan, di mana tiga kecamatan terdampak cukup parah, yakni, Banjarmasin Timur, Banjarmasin Selatan dan sebagian Banjarmasin Utara.

Banjir pada awal tahun lalu tersebut diakibatkan curah hujan tinggi ditambah air pasang laut melebihi biasa dan air kiriman dari hulu sungai Martapura.

(Antara/BS65)